fbpx
5 Jenis Chemical Untuk Perawatan Kolam Renang

5 Jenis Chemical Untuk Perawatan Kolam Renang

Kolam renang bisa awet dan tetap nyaman digunakan apabila mendapatkan perawatan secara rutin. Perawatan kolam renang itu sendiri sangat beragam, mulai dari rutin membersihkan dan mengganti air, memperbaiki komponen kolam renang, mengganti lantai kolam renang, hingga penggunaan bahan kimia untuk kolam renang. Penggunaan chemical untuk perawatan kolam renang bertujuan dalam menjaga keseimbangan pH air kolam renang. Dengan begitu, kondisi air kolam renang anda bisa selalu bersih, sehat, dan aman digunakan untuk berenang.

Hubungi contact kami jika ingin Konsutasi kolam renang

Chemical Untuk Perawatan Kolam Renang

Chemical untuk perawatan kolam renang sangatlah bervariasi. Adapun beberapa obat kolam renang yang perlu anda ketahui ialah sebagai berikut.

  1. PAC

PAC_chemical-kolam-renang

PAC adalah singkatan dari Poly Aluminum Chloride. Obat kolam renang yang satu ini berfungsi untuk mengikat kotoran yang ada di dalam air kolam renang. Setelah itu, kotoran akan diendapkan ke dasar kolam renang. Pengendapan kotoran ini tentu saja bisa mempermudah anda dalam mengangkat kotoran yang ada di dalam air kolam renang. Anda bisa memanfaatkan alat vacuum sebagai proses permulaan dalam penjernihan air kolam renang.

Baca Disini, ”Alat alat Perawatan Kolam Renang” >>>

  1. HCL (Hydrochloric Acid)

  HCL_chemical-kolam-renang

Selain PAC, ada juga HCL. HCL juga sering disebut dengan istilah Hydrochloric Acid. HCL ini termasuk jenis obat kolam renang yang bersifat keras. Hal inilah yang membuat HCL jarang digunakan. Dengan sifat asamnya, HCL biasa dipakai dalam menyeimbangkan air kolam ketika pH air terlalu basa. Tak mengherankan karena HCL memang memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, biasanya penggunaan HCL dilakukan ketika kondisi air kolam sangat keruh dan bahkan banyak ditumbuhi lumut. Akan tetapi, apabila kondisi ini masih dapat diatasi dengan obat-obatan lain yang tak terlalu keras, maka penggunaan HCL tak perlu dilakukan.

  1. Soda Ash

HCL_chemical-kolam-renang

Soda Ash adalah chemical kolam renang yang fungsinya hampir mirip dengan PAC dan tawas. Adapun fungsi Soda Ash ialah untuk mengikat kotoran yang ada di dalam air kolam renang. Lalu kotoran diendapkan ke dasar kolam renang supaya mudah dibersihkan. Tak hanya itu, penggunaan Soda Ash juga bertujuan untuk menaikkan pH pada air kolam.

Apabila pH air kolam renang kurang dari batas normal, maka kualitas air kolam renang akan turun jika mendapatkan tambahan air, baik itu tambahan air yang berasal dari air hujan maupun tambahan air dari air tanah atau sumur. Dalam pemakaiannya, chemical Soda Ash ini bisa anda larutkan dalam wadah terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan ke dalam air kolam renang. Supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pemakaian Soda Ash disarankan untuk dilakukan dalam kondisi sirkulasi air yang berjalan. Dengan begitu, sirkulasi tersebut dapat mempercepat meratanya Soda Ash.

Baca Disini, ”10 Design Kolam Renang Minimalist” >>>

Contact : Untuk Konsultasi Lebih Lanjut Bisa Hubungi 081999108725

  1. Chlorine

Chlorine-Tablet_chemical-kolam-renang

Chemical untuk perawatan kolam renang lainnya ialah chlorine. Ada beberapa jenis chlorine yang beredar di pasaran. Tiap jenis chlorine memiliki bentuk, kegunaan, serta tingkat yang berbeda. Adapun salah satu jenis chlorine ialah kaporit (chlorine powder 60%). Kaporit digunakan untuk meningkatkan konsentrasi chlorine yang ada di dalam air. Sama halnya namanya, kaporit ini berbentuk bubuk dan mempunyai kandungan chlorine sebanyak 60%. Dengan kaporit ini, kondisi air bisa tetap jernih sekaligus mampu menghilangkan bakteri.

Jenis chlorine selanjutnya ialah chlorine granular 90%. Obat ini digunakan untuk meningkatkan kandungan chlorine yang ada di dalam air secara cepat. Sementara untuk bentuk, obat ini berbentuk granular atau butiran-butiran kecil. Jenis chlorine yang terakhir ialah chlorine TCCA tablet 90%. Dengan bentuk tablet, obat ini mempunyai tingkat chlorine sama dengan chlorine granular 90%. Hanya saja, fungsi dan kegunaannya berbeda. Chlorine TCCA ini dipakai untuk menjaga kandungan chlorine serta pH air supaya tetap dalam kondisi stabil serta ideal. Tak hanya itu, obat ini juga dipakai untuk menjaga air agar tetap jernih dan biru.

  1. Trussi

Chlorine-Tablet_chemical-kolam-renang

Trussi adalah chemical untuk perawatan kolam renang selanjutnya yang perlu anda tahu. Obat yang juga dikenal dengan istilah Copper Sulphate ini berfungsi dalam menjernihkan sekaligus memberikan warna kebiruan pada air kolam. Tak hanya itu, trussi juga bisa digunakan untuk mencegah tumbuhnya alga (lumut).

Semoga ulasan Chemical untuk perawatan kolam renang bermanfaat untuk anda. Apabila anda mencari kontraktor kolam renang di nusa dua bali dan ingin berkonsultasi dengan kami, langsung Silahkan Klik Halaman contact di Berada website ini. Apabila ingin melihat dimana saja kolambali.com mengerjakan kolam renang Silahkan Lihat list project kolam renang

LAYANAN KONTRAKTOR KOLAM RENANG DI BALI

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !