fbpx
Begnilah Cara Vacuum Kolam Renang Yang Benar

Begnilah Cara Vacuum Kolam Renang Yang Benar

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kolam renang tentu akan kotor karena berbagai macam kotoran. Seperti debu, dedaunan, ranting dan lain sebagainya yang akan membuat kondisi kolam menjadi kotor. Tinggal seberapa banyak kotoran yang terkumpul di dasar kolam itu. Pembersihan dari kolam renang serta perawatan yang intensif paling tidak harus dilakukan untuk menjaga sistem sirkulasi kolam renang supaya tetap berjalan baik. Salah satu cara perawatan yang rutin dilakukan yakni vakum kolam renang. Lantas bagaimana cara vacuum kolam renang yang benar itu?

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara vakum kolam renang yang baik dan benar. Maka kali ini kita akan membagikan caranya untuk anda. Sebenarnya vacuum kolam renang biasanya dilakukan untuk menyedot debu yang berada di dasar kolam. Selain itu proses ini juga bisa digunakan untuk membasmi lumut dan alga. Pembersihan kolam renang dengan cara vacuum terbagi kedalam dua jenis berdasarkan pada tingkat kotoran. Yakni vacuum buang dan vacuum biasa. Sementara itu alat yang sering digunakan untuk vacuum kolam renang ini bernama automatic pool cleaner.

Begnilah Cara Vacuum Kolam Renang Yang Benar
pooluniversity.org

Langkah dan Cara Vacuum Kolam Renang

Di bawah ini merupakan tahapan yang dilakukan di dalam proses vacuum kolam renang yang menerapkan sistem overflow dan semi overflow. Untuk kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi overflow dan semi overflow cara vakum nya memang tidak terlalu terdapat banyak perbedaan. Sebab sistem kerja dari dua sirkulasi ini hampir sama. Di bawah ini merupakan prosedur yang dapat diterapkan ketika melakukan vacuum kolam renang yang menerapkan sistem overflow dan semi overflow.

Pertama

Langkah pertama sebelum anda melakukan proses pemvacuuman sebaiknya kondisikan berbagai macam hal seperti berikut. Mesin kolam renang terlebih dahulu harus dimatikan lalu putar bagian header filter dengan posisi mode filter. Sementara untuk pipa vakum harus berada dalam posisi on sedangkan balancing tank berada pada posisi off.

Kedua

Langkah selanjutnya sesudah mengkondisikan semua mesin maka anda bisa meneruskan pada instalasi peralatan vacuum. Hubungkan salah satu bagian ujung vacuum hose pada pipa vakumnya. Sedangkan pada ujung yang satunya lagi harus dihubungkan pada head telescopic handle. Anda bisa melakukan pembersihan kolam renang secara menyeluruh di bagian dasar kolam guna mengangkat kotoran yang terkumpul.

Langkah Ketiga

Step selanjutnya jika pembersihan menggunakan vacuum head sudah dilakukan. Anda dapat melanjutkan pembersihan bagian permukaan air yang ada di kolam renang menggunakan leaf skimmer. Dan letakkan leaf skimmer dalam telescopic handle supaya jangkauan dari pembersihan bisa menjangkau radius yang cukup jauh. Langkah ke-3 ini juga dapat dilakukan sebelum langkah kedua tadi. anda bisa menyesuaikan dengan kondisi kolam renang dan keinginan anda.

Keempat

Dalam step ini anda bisa menggunakan pool brush untuk membersihkan semua kotoran berupa lumut atau alga yang terdapat di bagian dinding kolam. Caranya sangat mudah, tinggal anda pasang pool brush di telescopic handle agar bisa menjangkau radius kolam renang yang jauh sekalipun.

Kelima

Jika semua langkah tersebut sudah anda lakukan dan proses pembersihan telah selesai. Maka sekarang anda tinggal mengembalikan penyetelan ulang renang. Caranya anda tutup seluruh komponen sistem pemipaan kolam renang. Sementara itu balancing tank dan maindrain tetap terbuka. Sesudah itu ada nyalakan mesin kolam renang kembali seperti sedia kala.

Dengan melakukan vacuum kolam renang ini, maka semua kotoran yang terdapat di dasar kolam dan mengendap bisa terangkat. Selain itu, kotoran yang sudah terangkat oleh mesin vacuum akan masuk ke dalam filter untuk disaring. Dengan demikian, air yang ada di dalam kolam bisa kembali bersih seperti semula.

Sedangkan untuk cara vakum kolam renang sesudah dilakukan water treatment bisa menggunakan cara langsung buang. Sebab kotoran yang banyak yang terdapat pada lantai kolam renang sesudah adanya pengendapan tidak dapat disaring pada filter. Dengan demikian, harus dibuang dan pekerjaan ini tentu akan mengurangi debit air kolam. Setelah vacuum kolam renang selesai, maka harus di sirkulasi kurang lebih 1 hari supaya penyaringan sisa kotoran atau obat yang masih ada di dalam kolam renang bisa tersaring sempurna. Barulah keesokan harinya akan tampak air yang jernih dan siap dipakai untuk berenang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !