fbpx

Cara Ampuh untuk Mengatasi Kolam Renang Berlumut

Kolam renang menjadi salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga, melepas penat, dan bermain air bersama dengan anggota keluarga di waktu luang. Oleh karena itu, kolam renang harus selalu mendapatkan perawatan yang terbaik agar selalu bersih, jernih, dan sehat untuk digunakan. Lantas bagaimana jika kolam renang berlumut dan menjadi tidak nyaman untuk berenang?

Cara Ampuh untuk Mengatasi Kolam Renang Berlumut
suara.um.ac.id

Lumut menjadi salah satu hal yang wajar tumbuh pada kolam renang, sebab memang habitat dari lumut sendiri memang perairan yang terpapar sinar matahari. Maka, ketika Anda membangun kolam renang, maka Anda harus siap-siap merencanakan perawatan yang harus dilakukan secara rutin agar kolam renang tetap terjaga.

Penyebab Kolam Renang Berlumut

Untuk masalah kolam renang berlumut, pada umumnya disebabkan oleh berbagai hal, yakni sebagai berikut:

  1. Kadar klorin atau kaporit yang terlalu rendah, sehingga lumut tetap bisa tumbuh.
  2. Adanya kotoran atau seresah yang mengendap lama di dasar kolam, sehingga menyediakan bahan organik untuk tumbuhnya lumut.
  3. Pemberian senyawa kimia serta perawatan yang tidak dilakukan secara rutin, sehingga lumut bahkan alga semakin mudah tumbuh di dinding dan dasar kolam.

Beberapa hal di atas menjadi penyebab umum dari tumbuhnya lumut pada kolam renang. Oleh karena itu, beberapa hal di atas bisa Anda cegah atau perbaiki, sehingga kolam Anda pun akan terawat dan tidak ditumbuhi lumut.

Cara Ampuh Mengatasi Kolam Renang yang Berlumut

Untuk mengatasi kolam renang yang berlumut, Anda bisa melakukan beberapa cara yang telah banyak digunakan dan terbukti ampuh, yaitu:Rutin Memeriksa Kadar Klorin dan pH Air

Rutin Memeriksa Kadar Klorin dan pH Air

Kadar klorin dan derajat keasaman atau pH air kolam renang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan lumut di dinding dan dasar kolam renang. Maka dari itu, untuk mengatasi kolam renang yang ditumbuhi lumut, Anda harus memeriksa kadar klorin dan pH air kolam renang.

Dengan mengetahui hasil dari pemeriksaan, maka Anda bisa mengambil langkah yang paling tepat dalam mengatasi kolam renang yang berlumut. Dengan ini maka penanganan bisa akurat, dan air kolam pun bisa tetap bersih dan jernih.

Apabila dinding dan dasar kolam telah ditumbuhi lumut, maka untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sikat kolam renang atau pool brush. Hal ini bertujuan untuk mengangkat lumut-lumut yang tumbuh pada dinding dan dasar keramik.

Membersihkan Dinding dan Dasar Kolam dengan Sikat

Untuk hasil yang maksimal, Anda harus membersihkannya dengan teliti. Khususnya pada bagian sudut, harus Anda bersihkan dengan teliti, sebab area sudut seringkali menjadi area yang paling sulit dibersihkan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan bahan kimia tertentu yang telah banyak tersedia. Dengan bahan ini, maka lumut bahkan kerak dapat terangkat dengan mudah.

Menggunakan Bahan Kimia

Memberikan tambahan bahan kimia tertentu pada kolam renang juga mampu membantu membersihkan lumut yang tumbuh. Dalam hal ini, bahan kimia yang bisa digunakan di antaranya adalah klorin dan granular.

Pada penggunaan klorin bubuk diperlukan bahan sebanyak 1,5 kg. Bahan tersebut kemudian dilarutkan di dalam ember hingga benar-benar larut dan mendiamkannya hingga beberapa menit. Setelah nampak ada endapan dalam ember, maka Anda bisa menuangkan laruta klorin pada kolam renang. Namun demikian, untuk endapan dalam ember jangan sampai ikut dimasukkan.

Setelah itu, tambahkan air lagi dalam ember dan ulangi langkah di atas hingga 3 kali. Jika sudah, Anda bisa membuang endapan bubuk agar tidak mengotori kolam renang.

Pada penggunaan Granular, Anda memerlukan bhan sebanyak 1 kg. Untuk cara ini, Anda bisa menaburkan granular secara langsung pada permukaan kolam renang. Setelah 15 menit, Anda bisa menambahkan soda as untuk meningkatkan pH air dengan cara langsung menuangkannya ke dalam kolam.

Masih pada penggunaan granular, masukkan trussi ke dalam ember berisi air dan aduk hingga larut. Setelah benar-benar larut, Anda bisa menuangkannya ke dalam kolam renang. Penggunaan trussi ini befungsi untuk membunuh alga dan lumut.

Setelah bahan kimia dilarutkan dalam kolam renang, hidupkan sistem sirkulasi selama 12 jam agar seluruh air melewati penyaringan. Setelah lumut dan kotoran mengendap di kolam renang, Anda bisa melakukan vacum kolam renang secara keseluruhan. Setelah itu, backwash sistem filterisasi, sehingga bisa kembali bekerja secara optimal.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !