fbpx

Cara Memilih Pompa Kolam Renang Terbaik Berkualitas

Jika kita membahas tentang kolam renang tentu bukan hanya sekedar konstruksi beton dengan bentuk persegi panjang atau bulat yang diisi air di dalamnya. Bila berbicara mengenai kolam renang, tentu termasuk sarana dan prasarana pendukung supaya kolam renang berfungsi sebagaimana mestinya. Mempunyai kolam renang butuh biaya yang tidak sedikit. Sebab ada banyak sarana pendukung yang harus anda sediakan, seperti perawatan kolam renang, filter, termasuk pompa kolam renang dan lain sebagainya.

Pompa kolam renang merupakan salah satu peralatan yang di ilang penting untuk sebuah kolam renang. Fungsi dari pompa tersebut sebagai penghisap dan pendorong air menuju ke bagian filter. Lalu sesudah air melewati sistem filtrasi, air bisa kembali didorong masuk ke dalam kolam renang lagi. Dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah banyak tipe dan merk pompa yang banyak dijual di pasaran. Dengan demikian, akan membuat anda merasa bingung untuk memilih seperti apa pompa untuk kolam renang yang sesuai.

Cara Memilih Pompa Kolam Renang Terbaik Berkualitas

ultimatepoolguide.com

Cara Memilih Pompa Kolam renang

Ada banyak faktor yang mempengaruhi anda untuk memilih pompa yang tepat untuk kolam renang. Diantaranya adalah volume air kolam renang, Curve of the pump dan Flow rate. Sementara itu, untuk memilih pompa yang pas untuk kolam renang anda, Kontraktor Kolam Renang sudah punya tips tersendiri untuk anda.

Ketahui Volume Kolam Renang

Anda terlebih dahulu harus tahu berapa volume air yang nantinya akan mengisi kolam renang. Sebab volume air tersebut nantinya dipakai untuk menghitung pemilihan pompa yang tepat guna serta sesuai. Sifat yang menyebar ke segala ruangan dari air tidak mempengaruhi nilai panjang dan lebar. Nilainya sama dengan panjang dan lebar kolam. Sementara untuk nilai tinggi yang perlu diukur adalah tinggi air dari dasar kolam renang. Sebab ada beberapa kolam renang yang tidak diisi penuh. Kolam renang yang berbasis garis memudahkan anda dalam penghitungan lebih akurat.

Sementara untuk kolam renang yang berbentuk bulat, anda bisa mengambil sisi panjang dan lebar kolam dari tarik garis lurus serta dikurangi dengan perkiraan ruang kosong. Nilai volume air nantinya akan dipakai untuk menyesuaikan pompa air yang akan digunakan.

>>Baca juga: Tanda kerusakan kolam renang dan cara mengatasinya

Aliran Dalam Periode Tertentu (Flow Rate)

Flow rate dalam hal ini adalah kemampuan pompa mengalirkan air dalam periode waktu tertentu. Sementara untuk setiap pompa mempunyai flow rate yang berbeda-beda. Dengan banyaknya iklan yang di tentang pompa kolam renang ini, maka anda harus selektif dalam memilih pompa yang sesuai untuk kolam renang anda. Paling tidak anda harus mengenal sistem dari mekanikal kolam renang yang tepat. Misalnya dalam sebuah pompa memiliki flow rate 20 meter kubik per jam. Itu artinya bila volume kolam renang 120 meter kubik anda bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengaliri volume kolam renang seluruhnya.

Curve Of The Pump

Salah satu cara untuk memilih pompa yang tepat bagi kolam renang adalah kurva atau diagram pompa. Ini berdasarkan dari dua sumbu yaitu vertikal dan juga horizontal. Dengan cara menunjukkan perbandingan head dengan flow rate. Flow Rate dan Head ini berbanding terbalik. Bila head tinggi, maka flow rate semakin kecil, demikian pula sebaliknya.

Memilih Pompa Kolam Renang Terbaik

Bila anda sudah mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan pompa untuk kolam renang. Maka anda perlu mencermati beberapa hal saat memilih pompa diantaranya adalah:

Mengetahui berapa jumlah volume air yang ada di dalam kolam renang, memahami istilah flow rate dan head. Membaca diagram atau kurva yang menjadi petunjuk dari pompa air. Sesuaikan pula waktu yang dibutuhkan, anda juga harus sesuaikan ketersediaan anggaran untuk membeli pompa dan anda tinggal tentukan pilihan pompa untuk kolam renang sesuai dengan dana dan juga kebutuhan anda.

>>Baca juga : Panduan memilih mesin pompa kolam renang terbaik

Penyedia Pompa Kolam Renang Terbaik

Bagi anda semua yang membutuhkan pompa untuk kolam renang dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Maka anda bisa mempercayakannya kepada Kontraktor Kolam Renang Bali. Kami menyediakan berbagai macam peralatan kolam renang dengan tukang khusus kolam renang dan tim yang sudah terstruktur. Alat-alat kolam renang yang disediakan juga sangat lengkap. Sehingga anda bisa mendapatkan semuanya dengan mudah.

Selain menyediakan pompa kolam renang, kami juga melayani skup pekerjaan kontraktor kolam renang. Mulai dari desain konstruksi, instalasi, pemasangan dan perawatan kolam renang. Semuanya bisa kami selesaikan dengan cepat dan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !