fbpx
Cara Menentukan Ukuran Gutter Kolam Renang Overflow

Cara Menentukan Ukuran Gutter Kolam Renang Overflow

Pada umumnya kita mengenal tiga macam sistem sirkulasi yang ada pada kolam renang. Seperti sistem skimmer, sistem overflow dan semi overflow. Sementara itu, di dalam sistem sirkulasi kolam renang berjenis overflow didalamnya terdapat sebuah alat yang berfungsi untuk memperlancar sistem tersebut namanya adalah gutter. Gutter kolam renang tepatnya berada di bibir kolam.

>>Baca Juga Artikel : Perbedaan kolam Renang Skimer dan Overflow

Fungsi dari gutter sendiri adalah menampung tumpahan air kolam yang dialirkan pada balancing tank. Lalu dari balancing tank akan dialirkan ke filter untuk kemudian disaring. Lalu bagaimana cara menentukan ukuran gutter kolam renang tersebut? Jika anda masih bingung, maka berikut ini akan cara untuk menentukan ukuran gutter yang ada pada kolam renang overflow.

Cara Menentukan Ukuran Gutter Kolam Renang Overflow
alibaba.com

Menentukan Ukuran Gutter Kolam Renang

Bagian yang terdapat pada kolam tentu memiliki peran masing-masing dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, kolam renang dapat berfungsi dan bermanfaat sebagaimana mestinya.

Bila anda mempunyai kolam renang dengan jenis overflow maka adanya guter yang ada di tepi atau pinggir kolam renang adalah sebuah keharusan. Tanpa adanya gutter atau selokan ini, maka bisa jadi limpahan air tumpah yang asalnya dari kolam renang tidak dapat dialirkan pada balancing tank. Dengan demikian, air kolam renang tidak akan ter sirkulasi menuju filter dan diteruskan kembali untuk bisa masuk ke dalam kolam renang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan ukuran gutter yang ada pada kolam renang overflow. Diantaranya adalah:

Lebar dan Kedalaman Gutter Standar

Untuk lebar gutter standar bagi kolam renang overflow idealnya antara 20 hingga 25 cm. Dengan ukuran ini, maka permukaan got bisa ditutup memakai grill atau penutup lain seperti penutup batu alam. Motif dan bentuk dari grill yang banyak beredar di pasaran ada berbagai macam jenis. Tetapi hampir semua ukuran dari grill yang ada mempunyai lebar 25 cm dan 30 cm, sementara ketebalannya 2,5 cm. Jika kita melihat fakta tersebut, tentunya lebar gutter 20 hingga 30 cm menjadi ukuran yang ideal untuk memakai grill yang sudah banyak beredar di pasaran.

Sementara itu, untuk kedalaman gutter tersendiri umumnya adalah 15 hingga 20 cm. Tetapi ini bukan menjadi acuan standar, bila mempunyai kedalaman lebih dari 20 cm ini tidak jadi masalah. Pada prinsipnya dengan memiliki kedalaman berapapun. Selama gutter bisa mengalirkan limpahan air kolam renang ke ruang balancing tank secara baik, maka ini sudah oke. Umumnya memang kedalaman gutter tersendiri adalah 20 cm dan ini sudah dirasa cukup bagi kebutuhan sirkulasi.

Pembuatan gutter standar merupakan selisih level ketinggian dengan bibir kolam antara 1,5 hingga 2 cm. Dan dianjurkan memberikan tutup di bagian permukaan gutter. Hal ini penting sekali supaya nilai estetika dari kolam renang tersebut tetap terjaga. Selain itu, ini juga menjadi pengaman untuk para pengguna kolam renang, sehingga para pengguna tidak khawatir akan terperosok ke dalam gutter.

Lebar Gutter Diatas Standar

Ukuran standar ternyata ada beberapa kolam renang yang mempunyai gutter dengan ukuran yang bisa dibilang besar yakni antara 50 cm hingga 1 meter. Sementara kedalamannya 20 hingga 30 cm. Selain itu, ada juga kolam renang yang telah mengaplikasikan fungsi gutter sekaligus juga difungsikan sebagai balancing tank.

Dengan kondisi yang seperti ini anda tidak perlu bingung. Sebab sebenarnya tidak ada standar ukuran baku mengenai gutter ini. Sehingga berapapun ukurannya selama dapat berfungsi secara baik itu tidak masalah. Gutter yang sekaligus di fungsikan menjadi balancing tank sebaiknya mempunyai kedalaman yang lebih dalam antara 50 sampai 60 cm.

Baca Juga : Pemipaan jalur inlet untuk sirkulasi air kolam renang

Dengan ukuran yang cukup besar tersebut, umumnya gutter tidak ditutup seperti halnya gutter yang memiliki ukuran standar. Biasanya gutter berukuran besar dibuat lebih rendah dibandingkan level permukaan dari bibir kolam renang tersebut. Sehingga dengan ukuran gutter kolam renang yang lebih besar dan juga unik serta didesain dengan apik. Dapat menambah nilai estetika dari kolam renang milik anda. Jika anda membutuhkan jasa pemasangan gutter atau perawatan kolam renang, maka bisa percayakan kepada Kontraktor Kolam Renang yang sudah profesional dan terpercaya dalam menangani pembuatan dan perawatan kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !