fbpx
Cara Mengatasi Air Kolam Hijau Paling Cepat dan Ampuh

Cara Mengatasi Air Kolam Hijau Paling Cepat dan Ampuh

Anda harus tahu saat anda mempunyai kolam renang tentu butuh biaya perawatan yang tidak sedikit. Bahkan jasa perawatan kolam renang sendiri berkesinambungan dan ini tentu membutuhkan biaya. Merawat kolam renang tidak cukup dengan kolam renang memiliki air yang bening saja. Tetapi juga harus aman untuk kesehatan jika dipakai berenang untuk pemiliknya. Berbagai macam masalah sering muncul tentang air kolam renang seperti kolam berkabut, berlumut, tumbuh alga, keruh, bahkan tiba-tiba air kolam berubah menjadi hijau. Lalu bagaimana cara mengatasi air kolam hijau tersebut?

Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi air kolam hijau yang paling ampuh dan cepat. Namun sebelum kita berlanjut ke bagaimana cara mengatasinya, terlebih dahulu kita akan mengetahui apa yang menjadi penyebab air kolam sampai hijau.

Cara Mengatasi Air Kolam Hijau Paling Cepat dan Ampuh
hfsfinancial.net

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Hijau

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab air kolam renang berlumut dan berwarna hijau. Diantaranya karena kadar klorin pada kolam renang yang terlalu rendah atau kolam tidak memiliki kadar Ph. Di dalam kolam terdapat kotoran berupa debu atau daun yang mengendap lama di bagian lantai yang tidak tersentuh atau di vakum. Hal ini juga bisa memicu munculnya lumut dengan lebih cepat.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab munculnya alga atau lumut sehingga air kolam berwarna hijau adalah pemberian chemical serta perawatan yang tidak kontinyu. Hal ini sangat memberi pengaruh pada tingkat kejernihan air di dalam kolam renang. Selain itu, ini juga bisa mempercepat tumbuhnya lumut atau alga.

Cara Mengatasinya

1. Membersihkan Kolam

Untuk mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau langkah pertama yakni membersihkan kolam renang dengan rutin. Perawatan atau pembersihan kolam renang tentu akan berpengaruh pada kondisi kolam renang itu sendiri. Saat anda rutin membersihkan kolam renang, maka airnya tentu akan selalu bersih dan jernih. Bila tidak dilakukan perawatan secara rutin, maka air kolam bisa sangat kotor dan akan menjadi sarang kuman.

2. Menanam Pepohonan

Yang kedua anda bisa menanam pohon di sekitar area kolam. iIi bisa menjadi salah satu cara mengatasi air kolam yang memiliki warna hijau. Analoginya adalah sinar matahari yang menyinari bagian kolam tentu bisa mempengaruhi tingkat pertumbuhan lumut. Jika semakin banyak sinar matahari yang masuk, maka pertumbuhannya juga akan lebih cepat. Dengan demikian, untuk mengurangi sinar matahari yang masuk maka bisa diatasi dengan menanam pepohonan di sekitar kolam. Namun anda juga harus ingat bahwa daun yang gugur ke dalam kolam juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya lumut ini.

3. Ganti Air Kolam Secara Berkala

Langkah selanjutnya untuk mengatasi air kolam yang berwarna hijau adalah dengan mengganti sepertiga air kolam dengan cara berkala. Cara ini memang tidak banyak diketahui. Padahal penggantian air berguna untuk mengurangi pertumbuhan alga dan ekosistemnya. Kualitas air juga bisa terjaga jika air di dalam kolam diganti dengan cara berkala. Oleh sebab itu, bila mengganti seluruh air kolam terasa terlalu berat. Maka anda bisa mengganti sepertiganya saja. Anda bisa melakukan penggantian air ini paling tidak seminggu sekali.

4. Gunakan Filter Kolam Renang

Supaya air kolam tidak hijau dan tetap jernih bisa dilakukan dengan menggunakan filter kolam renang. Anda harus menggunakan filter khusus kolam renang yang bisa menyaring air dengan sangat baik. Kotoran yang ada di dalam kolam renang bisa tersaring sehingga air yang nantinya dikeluarkan bisa dalam kondisi yang bersih.

5. Pemberian Chemical Kolam Renang

Dengan memberikan chemical kolam renang sesuai takaran, maka ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kondisi air tetap jernih. Bila terlalu sedikit atau terlalu banyak chemical yang anda gunakan di air kolam renang, justru bisa membuat kondisi kolam semakin bertambah buruk. Untuk itu, cara penggunaannya harus tepat.

Dengan pemberian chemical kolam renang yang tepat dan sesuai takaran. Maka cara mengatasi air kolam hijau pada kolam renang anda bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bila anda membutuhkan jasa perawatan kolam renang, maka anda juga bisa menghubungi Kontraktor Kolam Renang yang akan membantu anda mengatasi semua masalah anda mengenai kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !