fbpx
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Kolam renang seringkali tak terlepas dari masalah kebocoran. Kolam renang yang bocor bisa dengan mudah diketahui apabila anda mencermati debit airnya. Air kolam renang yang semakin berkurang bisa dipastikan mengalami kebocoran. Setelah anda benar-benar memastikan bahwa kolam renang mengalami kebocoran, anda harus mencari tahu apa penyebabnya. Dengan anda menemukan penyebabnya, anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi kolam renang bocor secara efektif. Untuk lebih jelasnya simak juga ulasan tentang permasalahan yang di hadapi pada kolam renang

Kolam Renang Bocor

Penyebab Kolam Renang Bocor

Kolam renang bocor bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab kolam renang bocor yang pertama ialah pengenatan dinding maupun lantai kolam renang yang kurang baik. Pada kolam renang yang dinding dan lantainya memakai keramik atau mozaik, anda harus memperhatikan pengenatannya. Keramik satu dengan keramik lainnya perlu pengenatan. Apabila pengenatan menerapkan semen yang kurang padat dan rapat, maka bisa menyebabkan kebocoran. Sistem pengenatan harus dilakukan secara teliti agar tidak bocor.

>>> Manfaat leaf skimer untuk perawatan kolam renang

Apabila menggunakan keramik, pengenatan ulang bisa lebih cepat. Hal ini dikarenakan ukuran keramik memang besar sehingga bagian pengenatannya hanya sedikit. Untuk kolam renang yang menggunakan mozaik, pengenatannya lebih lama. Mengingat ukuran mozaik memang kecil. Soal kualitas, pengenatan mozaik lebih bagus daripada keramik. Mozaik terbukti lebih kuat, tak mudah rusak dan memiliki pantulan terhadap air kolam yang lebih bagus dibandingkan keramik.

Anda membutuhkan Perawatan Kolam renang?? hubungi kami

Tak hanya itu, kolam renang bocor juga bisa disebabkan oleh sistem pemipaannya. Pemipaan ini seringkali terjadi kebocoran di bagian sambungan pipa. Cara mengatasi kolam renang bocor untuk masalah ini cukup sulit dilakukan karena pipa tertanam di dalam tanah. Selain itu, kebocoran kolam renang juga bisa disebabkan oleh balancing tank dan pompa yang rusak. Perlu diketahui, pompa kolam renang berperan penting dalam mengalirkan air dari balancing tank ke filter. Apabila pompa bocor, hanya sedikit air yang mengalir ke filter. Hal ini juga bisa menyebabkan sirkulasi air menjadi tidak lancar.

Baca Juga Artikel : Manfaat dan cara penggunaan vacum fiting kolam renang

Disamping itu, filter air kolam juga bisa menjadi penyebab kebocoran pada kolam renang. Filter berfungsi sebagai penyaring air kolam agar tetap bersih. Apabila filter bocor, maka air yang seharusnya mengalir ke kolam menjadi terbuang. Jika tak segera diperbaiki, filter yang bocor juga menyebabkan penyaringan air menjadi tak maksimal. Penyaringan yang tak maksimal mengakibatkan air kolam kurang bersih.

Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab kolam renang bocor, anda bisa lebih mudah dalam mengatasinya. Adapun cara mengatasi kolam renang bocor akan kami bagikan pada ulasan di bawah ini.

Yang harus anda ketahui juga adalah Tips dalam waterprofing kolam renang

Membongkar dan Mengganti Setengah Cor

Untuk mengatasi kolam renang bocor, anda bisa melakukan pembongkaran dan mengganti setengah cor, termasuk keramik dan waterproof. Metode ini sangat disarankan untuk kebocoran kolam yang parah atau bahkan tak diketahui titik kebocoranya. Pastinya biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Metode ini membutuhkan material yang hampir sama seperti pembangunan kolam renang. Akan tetapi, hasilnya pasti lebih baik karena kondisi kolam renang seakan seperti baru lagi. Sebanding dengan biaya yang anda keluarkan.

Mengganti Nut Keramik

Perbaikan kolam renang dapat anda lakukan dengan metode ini apabila kebocoran tak terlalu parah. Cara yang satu ini terhitung efisien karena hanya perlu mengganti nut yang sudah rusak. Hanya saja, ada satu hal yang perlu anda perhatikan. Perbaikan kolam renang ini memiliki resiko tak bertahan lama. Hal ini dikarenakan perbaikan kolam renang ini hanya mengandalkan nut yang baru dan tetap menggunakan keramik lama.

Tips : Membangun Kolam renang

Untuk melakukan perbaikan kolam renang dengan metode ini pun cukup mudah. Tahapan yang perlu anda lalui bisa dimulai dengan mengeringkan air di dalam kolam terlebih dahulu. Kemudian mengupas nut yang lama dengan menggosoknya menggunakan sikat kawat. Bisa juga anda menggosoknya dengan mesin gerinda kecil agar hasilnya lebih baik. Pemilihan nut pun harus diperhatikan. Nut yang di dalamnya mengandung waterproofing sangat baik untuk digunakan demi memperpanjang jangka waktu kebocoran kolam renang selanjutnya.

Metode Injeksi

Cara mengatasi kolam renang bocor lainnya ialah dengan metode injeksi. Metode ini bisa diterapkan pada kolam renang yang ada di lantai atas atau rooftop bangunan. Dengan metode ini, anda tak perlu menguras air kolam. Ana hanya perlu memasukan ataupun menyuntikan pasta ke dinding kolam yang bocor.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !