Cara Mengganti Pasir Filter Kolam Renang Paling Tepat
youtube.com

Cara Mengganti Pasir Filter Kolam Renang Paling Tepat

Adanya kolam renang di rumah hunian pastinya akan menambah nilai estika dari suatu bangunan. Sebab, kolam renang bisa memberikan kesan yang mewah dan juga bisa memberikan kesejukan pada rumah tinggal anda semua. Akan tetapi, tidak semua kolam renang bisa menambahkan nilai estetika dan memberikan kesejukan. Hanya kolam renang yang bersih dan terawatlah yang bisa memberikan nilai-nilai tersebut. Jadi sebisa mungkin, bagi anda yang memiliki kolam renang rawatlah dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai air yang ada di kolam renang ada pengendapan kotoran dan tercemar. Jagalah kebersihan kolam renang dan lingkungan yang ada di sekitar kolam renang.

>>Baca Juga : Fungsi sand filter

Cara Mengganti Pasir Filter Kolam Renang Paling Tepat
youtube.com

Untuk menjaga agar kolam renang agar selalu memiliki kondisi yang baik, lakukan perawatan kolam dengan berkala. Perawatan tersebut dilakukan agar tiap bagian dari kolam renang bisa bekerja dengan maksimal. Salah satu bagian kolam renang yang harus selalu anda cek dan dirawat yaitu filter. Karena fungsinya yang sangat penting dalam penyaringan air, filter sebaiknya harus tetap berada pada performa yang maksimal. Dengan demikian, air dapat disaring dengan baik. Jadi, untuk perawatan filter, perhatikan media penyaringan dari filter tersebut yaitu pasir. Pasir yang ada dalam filter ini sebaiknya diganti. Sedangkan, untuk cara mengganti pasir filter kolam renang, anda bisa menggunakan cara yang mudah. Untuk mendapatkan panduan memilih mesin filter yang baik silakan tanyakan kepada kontraktor kolam renang di kota anda

Cara Mengganti Pasir Filter Kolam Renang

Perlu anda ketahui, jika filter kolam renang pada umumnya akan beroperasi kurang lebih sekitar 8 jam. Dan untuk kolam renang umum, bahkan filter bisa nyala sampai 24 jam. Jika filter semakin sering digunakan, maka kotoran yang ada bercampur dengan pasir juga akan semakin banyak. Dan pada saat kotoran tersebut sudah sangat tebal, maka pasir tidak akan bisa untuk menyaring air kolam kembali. Dalam keadaan yang seperti ini sebaiknya anda mengganti pasir pada filter kolam renang anda. Apabila pembersihan filter ini anda lakukan dengan rutin, maka pasir bisa bertahan 3 sampai dengan 4 tahun. Sesudah waktu tersebut, sebaiknya anda mengganti pasir filter kolam renang. Berikut ini adalah cara mengganti pasir filter kolam renang.

>>Silakan Baca: Kelebihan dan kekurangan sand filter

1. Pindahkan Pasir Yang ada Di Dalam Tanki Filter

Cara mengganti pasir filter kolam renang yang pertama yaitu dengan pindahkan pasir yang ada di pada tanki filter. Guna memindahkan pasir tersebut, anda dapat melakukannya dengan memakai tangan maupun sekop kecil. Tak hanya itu saja, anda juga dapat memakai vacuum untuk memindahkan pasir yang ada dari dalam filter. Sebaiknya anda juga tidak kontak langsung dengan pasir. Tujuannya yaitu untuk menghindari penyebaran kuman serta bakteri yang terdapat pada filter kolam renang itu.

2.Tambahkan Air Dalam Tanki

Sesudah memindahkan pasir, tambahkan air dalam tanki. Manfaat air yang ditambahkan ini yaitu untuk menyerap dampak dari jatuhnya pasir dalam alat perakitan. Dan untuk memilih pasir, ada beberapa poin yag sebaiknya anda perhatikan. Gunakan jenis pasir silika. Perlu anda ketahui jika ada 3 jenis pasir silika. Namun, yang menunjukkan hasil paling maksimal yaitu mesh 20. Untuk diameter pasir ini yaitu 40 sampai dengan 50 mm serta bisa menyaring kotoran yang ukurannya kecil.

3. Tentukan Takaran Pasir Yang akan Dimasukkan

Untuk cara mengganti pasir filter kolam renang selanjutnya, jangan lupa untuk menentukan takaran pasir yang akan dimasukkan pada filter. Ukuran filter sebaiknya juga harus anda ketahui. Pertimbangkan juga banyaknya takaran pasir yang harus anda masukkan pada filter. Pemakaian pasir yang jumlahnya terlalu banyak bisa menjadikan tangki tidak berfungsi lagi. Jika terlalu sedikit pasirnya maka akan mengakibatkan hasil penyaringan tidak maksimal. Jika akan mengganti pasir filter kolam renang sebaiknya takarlah pasir yang sesuai dengan filter yang anda pakai.

>>Baca Juga: Panduan memilih mesin pompa kolam renang

4. Hindari Pasir Masuk Ke Sand Pipe

Lihaltah, apakah ada pasir yang masuk pada sand pipe. Supaya pasir tidak masuk ke sand pipe, pengisian pasir pada filter sebaiknya anda lakukan dengan sangat hati-hati. Caranya bisa anda lakukan dengan mengangkat sandpipe supaya tidak ada pasir yang masuk. Baru setelah itu, tempatkan kepala penyaring, lalu penyaring bisa anda tutup lagi. Jangan terlalu kencang menutupnya agar tidak pecah. Proses mengganti pasir filter kolam renang ini cukup mudah.

Nah itulah cara mengganti pasir filter kolam renang. semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda. Kolambali juga melayani jasa pembuatan kolam renang, perawatan kolam renang, penjualan alat kolam renang, dan desain kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !