fbpx

Cara Paling Mudah Menjaga Air Kolam Renang Tetap Jernih

Menikmati segarnya suasana pagi di tepian kolam renang menjadi salah satu rutinitas yang sangat menyenangkan. Anda akan merasa seolah-olah sedang dimanjakan dengan gemericik nya air yang ada di kolam renang. Kondisi air kolam renang yang jernih dan bersih akan dapat merubah pikiran anda. Menjadi sebuah kenyamanan sebelum anda mengawali aktivitas di hari ini.

Mempunyai kolam renang menjadi salah satu pelengkap tambahan dan juga identitas untuk pemiliknya. Di samping dapat menambah nilai jual rumah, memiliki kolam renang juga bisa memberi nilai tambah tersendiri. Biaya pembuatan dan juga perawatan kolam renang yang mahal memang mengkondisikan tidak setiap orang dapat mempunyai kolam renang pribadi. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari kolam renang. Sehingga kebersihan air kolam renang sendiri juga menjadi hal penting bagi pemiliknya. Pastinya anda juga tidak mau bukan acara keluarga terganggu karena kolam renang anda terlihat kotor, kumuh dan airnya keruh?

air kolam renang

Cara Agar Air kolam Renang Selalu Jernih

Jika kita berbicara mengenai kolam renang, tentu tidak pernah lepas dari perawatannya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat air yang ada di dalam kolam renang selalu jernih dan juga terjaga kebersihannya. Kami akan membagikan cara untuk mengatasi permasalahan kolam renang yang bisa dibilang menjadi sebuah masalah yang susah susah gampang. Susah bagi anda yang benar-benar memperhatikan standar ideal. Dan mudah untuk anda yang tidak memperhatikan batas standar idealnya.

Kita sering melihat petugas kolam renang merasa repot dengan kondisi kolam renang yang kotor karena penambahan air sumur atau air hujan. Hal ini tidak akan terjadi bila anda sudah memahami apa yang harus dikerjakan. Untuk bisa melakukan pencegahan dari hal-hal tersebut, ada begitu banyak hal yang harus anda perhatikan. Tentang menjaga kebersihan air yang ada di dalam kolam renang supaya selalu bersih dan jernih.

Langkah Perawatan Air Kolam Renang

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kolam renang selalu Bersih dan airnya jernih. Diantaranya adalah:

1. Menyaring Kotoran di Dalam Air

Kotoran di dalam kolam renang itu bermacam-macam jenisnya. Sehingga anda harus membersihkan secara rutin agar dapat mengatasi kotoran yang berupa dedaunan kering. Anda bisa memakai jaring untuk mengangkut nya, daun tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang biopori. Ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu menguras kolam. Tapi cara ini memang memerlukan waktu yang cukup lama. Ada juga solusi lain yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan mesin filter air yang secara otomatis dapat menyaring sampah kotor yang bercampur dengan air di dalam kolam renang.

2. Menghambat Pertumbuhan Lumut dan Alga

Seperti yang kita tahu bahwa lumut dan alga itu bisa menjadi salah satu sebab hilangnya kejernihan air yang ada di dalam kolam renang. Supaya air di dalam kolam renang selalu terjaga kejernihannya, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan. Yaitu menghambat pertumbuhan dari organisme ini.

Oleh sebab itu, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya anda harus mengetahui kadar klorin dan Ph yang terkandung di dalam air kolam renang. Karena jumlah Ph dan juga klorin yang tidak sesuai dengan standar ini bisa mengakibatkan dampak untuk penggunanya. Diantaranya bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, mata dan berbagai macam organ lain. Bukan itu saja, Ph yang tidak seimbang bisa memberikan peluang lumut berkembang biak dengan baik di dalam kolam. Jadi sangat penting bagi anda selalu mengecek kadar Ph air. Bila sudah melebihi batas, maka anda bisa menambahkan kaporit sesuai dengan dosis yang sudah terukur.

3. Bersihkan Lantai dan Semua Bagian Kolam

Masalah air kolam yang tidak jernih bukan hanya berasal dari kotoran yang ada pada air itu sendiri. Tetapi juga lantai, dinding dan semua bagian kolam renang anda harus melakukan pengurasan. Serta penyikatan lantai dan dinding secara rutin supaya bakteri yang menempel bisa segera hilang. Ini sangat disarankan untuk dilakukan, paling tidak anda melakukannya satu minggu sekali. Dengan demikian air kolam renang akan selalu jernih.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !