fbpx
Bagian, Cara Penggunaan dan Manfaat Filter Kolam Renang Hayward
poolsdesignideas.gq

Bagian, Cara Penggunaan dan Manfaat Filter Kolam Renang Hayward

Dalam pembuatan kolam renang, kita mengenal berbagai alat yang berperan untuk menunjang kegunaannya. Tiap alat ini memiliki fungsi tersendiri pada kolam renang. Adapun salah satu alat yang tak bisa lepas dari kolam renang ialah filter hayward. Alat filter kolam renang hayward ini menawarkan kemudahan kepada anda dalam membersihkan air kolam renang. Dengan adanya alat ini, air kolam renang bisa tetap jernih dan bersih. Masalah lumut, dedaunan, alga, dan lain sebagainya tak akan menyerang kolam renang anda. Untuk info lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan mengenai filter hayward pada kolam renang.

Cara Penggunaan dan Manfaat Filter Kolam Renang Hayward

Bagian, Cara Penggunaan dan Manfaat Filter Kolam Renang Hayward
poolsdesignideas.gq

Bagian Filter Kolam Renang Hayward

Pada filter hayward kolam renang, anda akan menemukan tabung sand filter yang berisikan pasir silica. Pasir ini berfungsi untuk menyaring kotoran pada air kolam renang. Selain tabung sand filter, filter hayward juga terdiri dari lateral pipe. Elemen yang ada di dalam tabung sand filter ini memiliki jari-jari saringan yang berfungsi untuk menahan pasir agar tak keluar dari tabung sehingga proses penyaringan bisa berjalan secara maksimal.

Artikel kolambali >>> Cara mengganti filter kolam renang

Lebih dari itu, filter hayward juga memiliki kepala sand filter. Bagian inilah yang mengendalikan semua kinerja filter hayward. Pada bagian ini juga terdapat tuas yang berperan penting sebagai penunjuk. Di dalamnya terdapat beberapa titik operasional. Sebut saja filter, close, backwash, waste, recirculate dan rinse. Dengan begitu, fungsi yang diberikan filter hayward dalam menjaga kebersihan air kolam renang bisa lebih optimal.

>>Baca juga :Cara ampuh Mengatasi Alga Kolam Renang

Cara Penggunaan Filter Hayward

Perawatan kolam renang bisa dilakukan secara maksimal apabila anda tepat dalam menggunakan filter hayward. Adapun caranya ialah dengan mengarahkan tuas ke posisi filter terlebih dahulu. Setelah itu, posisikan valve hisap seperti balancing tank. Jika kolam renang yang anda miliki menerapkan sistem over flow, anda perlu memposisikan vacuum posisi tertutup. Sementara jika kolam renangnya menggunakan sistem skimmer, maka posisi vacuum dan maindrain terbuka. Selain itu, pastikan kondisi valve inlet terbuka dengan valve backwash tertutup. Kemudian anda bisa mennyalakan pompanya.

Langkah selanjutnya, anda arahkan tuas ke posisi backwash dengan kondisi valve hisap terbuka, inletnya tertutup dan backwash terbuka. Setelah itu, anda bisa mennyalakan pompa hingga airnya tampak dari gelas kaca yang ada di leher filter. Beralih ke tahapan rinse. Anda bisa arahkan tuas ke posisi rinse. Kemudian valve hisap terbuka dan inlet tertutup. Pastikan backwash terbuka dan nyalakan pompa. Anda bisa melihat bahwa airnya benar-benar jernih.

Cara penggunaan filter kolam renang hayward selanjutnya ialah mengarahkan tuas ke posisi waste dengan kondisi valve hisap dan backwash terbuka. Jika sudah, anda bisa langsung menyalakan pompa. Perlu untuk anda ketahui bahwa tiap pemindahan posisi tuas, anda harus memastikan bahwa pompa berada dalam keadaan mati. Hal ini dikarenakan di dalam kepala sand filter ada seal multivalve yang bisa hancur.

>>Baca Juga : Cara memilih filter kolam renang

Manfaat Filter Hayward

Dengan anda menggunakan filter hayward secara benar, maka anda bisa mendapatkan beragam manfaat. Adapun salah satu manfaat menggunakan filter hayward secara tepat ialah mencegah dan menangani air kolam renang yang keruh. Perlu disadari bahwa air kolam renang yang keruh dapat menjadi sumber penyakit apabila masih digunakan tanpa dibersihkan. Filter hayward pun bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain mengatasi air kolam renang yang keruh, filter hayward juga bisa anda gunakan untuk mencegah munculnya alga dan jamur. Dengan begitu, air kolam renang bisa tetap sehat saat digunakan. Berbagai masalah kesehatan tak akan ditimbulkan dari air kolam renang yang bersih. Perlu diketahui, penggunaan filter hayward juga bermanfaat dalam mengendalikan bahan kimia di dalam air. Seperti yang diketahui, chemical seringkali diberikan untuk merawat kolam renang.

Manfaat filter kolam renang hayward lainnya ialah menjaga peralatan anda. Perlu diketahui, air yang kotor akan membuat peralatan yang anda gunakan dalam kolam renang menjadi bermasalah. Namun dengan adanya filter hayward, anda bisa terhindar dari permasalahan tersebut. Penggunaan filter ini sendiri juga bermanfaat dalam menjaga sanitasi. Dengan begitu, kolam renang bisa selalu bersih dan terawat. Silakan hubungi kami untuk perawatan kolam renang dan Jasa pembuatan kolam renang

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !