fbpx
Jenis dan Fungsi Valve Kolam Renang Yang Perlu Anda Ketahui
Jenis dan Fungsi Valve Kolam Renang

Jenis dan Fungsi Valve Kolam Renang Yang Perlu Anda Ketahui

Di dalam sebuah instalasi kolam renang terdapat salah satu komponen penting yang harus ada, salah satunya adalah valve kolam renang atau stop kran. Stop kran untuk kolam renang ini berfungsi mengontrol aliran air atau sirkulasi kolam renang dan menghentikan sirkulasi air yang ada dalam kolam renang. Mungkin anda berpikiran bahwa valve ini adalah salah satu komponen yang sepele. Tetapi tanpa adanya valve, maka sirkulasi air kolam renang anda tentu akan terganggu.

Peran valve kolam renang penting sekali. Jika mesin dari pompa kolam renang mengalami trouble atau kerusakan, dengan adanya stop kran atau valve anda bisa dimudahkan mengambil mesin pompa tanpa perlu menguras air yang ada di dalam kolam renang tersebut. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, valve atau stop kran ini menjadi barang yang dibutuhkan banyak orang. Misalnya saat diaplikasikan pada kran yang ada di kamar mandi rumah anda.

>>>Baca Juga : Panduan memilih Pompa Kolam Renang

Jenis dan Fungsi Valve Kolam Renang Yang Perlu Anda Ketahui
tedxumkc.com

Jenis dan Fungsi Valve Kolam Renang

Ada berbagai macam jenis valve atau stop kran yang bisa berfungsi sebagai sistem drainase seperti check valve. Ini bisa digunakan jika sistem drainase atau got rumah sering mengeluarkan air ketika musim hujan. Selain itu, untuk kolam renang sendiri ada berbagai macam jenis dan bahan material valve yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Jenis material valve biasanya diproduksi dan dipasarkan dengan menggunakan bahan berupa kuningan, besi, pvc dan metal.

Tetapi saat ingin digunakan di dalam instalasi kolam renang, tidak boleh menggunakan valve yang terbuat dari bahan besi. Sebab sifat kaporit yang korosif terhadap benda dari bahan besi bisa mempercepat rusaknya valve jenis ini.

Ball Valve

Stop kran jenis Ball valve adalah jenis yang paling umum dan dipakai untuk kolam renang konvensional. Dinamakan ball valve sebab katup penutupnya memiliki bentuk bulat. Untuk pengoperasian, stop kran ini hanya butuh diputar tuasnya ke arah close atau open. Ketahanan dari ball valve pada tekanan air ini dinilai sangat baik. Stop kran ball valve dengan bahan pvc juga tahan terhadap sifat korosif dari kaporit. Inilah yang menjadikan alasan mengapa ball valve banyak sekali digunakan di dalam instalasi kolam renang.

Butterfly Valve

Untuk jenis kain yang satu ini bernama butterfly valve. Jenis ini bisa dipakai untuk mengontrol aliran air di kolam renang. Sementara cara kerja dari butterfly valve ini adalah memutar disk sehingga bisa menutup aliran air dengan sangat cepat. Harga dari butterfly valve ini terjangkau dan jenis stop kran ini banyak dipakai di dalam sistem sirkulasi air yang ada di dalam kolam renang. Sementara di dalam instalasi kolam renang, umumnya valve ini diaplikasikan pada bagian vacuum, balancing tank, dan juga maindrain.

Gate Valve

Gate valve adalah salah satu jenis stop kran yang banyak dipakai di dalam kolam renang yang memiliki ukuran olympic atau besar. Cara kerja dari gate valve sendiri adalah dengan mengangkat penutup yang berbentuk persegi panjang. Stop kran ini hanya berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air saja. Tidak bisa digunakan untuk mengontrol ataupun membuka setengah. Dengan demikian, saat penggunaan harus benar-benar tertutup atau terbuka. Bila terbukanya hanya seperempat atau setengah saja, maka umumnya bisa terjadi pengikisan sudut gate.

Check Valve

Stop kran yang bernama check valve ini berfungsi untuk mengatur aliran air. Dengan catatan aliran airnya hanya untuk satu arah. Cara kerjanya dengan mengandalkan tekanan arus air yang mengalir dalam satu arah dan mencegah adanya arus balik. Fungsi dari stop kran ini hanya akan terlihat jika ada tekanan air yang berasal dari arah berlawanan.  Penempatan dari check valve umumnya ditempatkan pada outlet mesin yang ada di kolam renang. Pada instalasi balancing tank juga diperlukan check valve jenis seperti ini. Tujuannya adalah mencegah supaya ketika mesin tidak beroperasi maka air tidak turun ke dalam balancing tank.

Berbagai macam jenis valve kolam renang yang sudah disebutkan di atas tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila anda membutuhkan berbagai macam alat-alat kolam renang seperti valve, pompa kolam renang, skimmer box, chemical kolam renang, perawatan kolam renang dan lain sebagainya. Maka anda bisa mempercayakan kepada Kontraktor Kolam Renang yang sudah profesional dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !