fbpx

Jenis Filter Kolam Renang Yang Perlu Anda Ketahui

Kolam renang yang baik dan sehat adalah kolam renang yang memiliki kualitas air yang baik. Namun, perlu anda ketahui jika baik atau tidaknya kualitas air yang ada dalam suatu kolam renang juga berdasarkan dengan performa jenis filter kolam renang yang digunakan. Jika menggunakan filter kolam renang yang performanya tinggi, maka akan semakin baik juga kualitas air yang dihasilkan. Namun, di dalam pengoperasian filter kolam renang ini, ternyata memerlukan perlakuan khusus supaya bia berjaan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

>>Baca juga : Fungsi filter kolam renang

Jenis Filter Kolam Renang  Yang Perlu Anda Ketahui
olx.co.id

Jenis Filter Kolam Renang

Nah, untuk anda semua yang ingin mendapatkan kualitas air kolam renang yang baik, anda bisa menggunakan salah satu jenis filter kolam renang seperti berikut ini.

1. Sand Filter

Jenis filter kolam renang yang bisa anda pilih yang pertama yaitu Sand filter. Untuk jenis filter ini termasuk filter kolam renang yang memakai pasir khusus proses penyaringan air yang ada di kolam renang tersebut. Untuk cara kerjanya juga sangat sederhana. Air yang masuk pada tanki filter secara terus menerus. Setelah itu akan menyebar pada bagian dalam filter. Selanjutnya, air akan mengalir pada dasar tabung lewat beberapa lapisan pasir. Kotoran maupun debu yang terbawa oleh air akan tersaring serta terperangkap pada butiran butiran pasir. Nantinya akan terkumpul pada atas lapisan pasir itu.

Baca juga : >> Jenis sistem plumbing kolam renang

Untuk air yang merupakan hasil penyaringan dalam keadaan bersih akan di alirkan lagi menuju kolam renang. Dengan memakai sand filter ini, anda bisa menyaring kotoran maupun debu yang ukurannya sekitar 40 microns. Sesudah proses penyaringan, endapan kotoran semakin lama semakin banyak diatas pasir serta di tabung filter. Dengan demikian, tekanan air akan menurun. Dengan demikian, anda harus membersihkan filter dengan berkala. Caranya bisa dengan membalikkan tabung filter agar sisa air keluar. Setelah filter bersih selanjutnya bilas dan tuangkan lagi pasir kedalamnya.

>>Silakan simak : Kelebihan dan kekurangan sand filter kolam renang

2. Cartridge Filter

Catridge filter merupakan jenis filter kolam renang yang memakai paper-type cartridge untuk dijadikan sebagai media penyaringnya. Biasanya untuk jenis filter ini bentuknya seperti tabung vertical di dalamnya ada cartridge. Manfaat dari catridge ini yaitu untuk menangkap kotoran. Dengan memakai Catridge, maka kotoran tersebut yang dapat ditangkap yakni dengan ukuran 10 sampai dengan 20 micron. Untuk ukuran ini lebih kecil dari yang ditangkap oleh sand filter. Semakin lama proses penyaringan, maka akan banyak kotoran yang ada pada cartridge dan mengakibatkan cartridge buntu.

TIps kolambali >>> Cara mengganti filter kolam renang

Apabila anda semua menemui masalah seperti ini, maka terdapat ada dua cara penanganan yang perlu untuk dilakukan. Untuk langkah yang pertama dalam melakukan perawatan filter kolam renang yaitu dengan membersihkan cartridge yang ada pada filter. Untuk cartridge sebaiknya anda keluarkan dari dalam tabung. Selanjutnya semprot dengan air tekanan rendah. Apabila menyemprot dengan air yang memiliki tekanan tinggi bisa merusak cartridge. Bisa juga anda ganti cartridge filter dengan yang baru.

>>Baca Juga : Perawatan filter kolam renang agar tidak mudah rusak

3.DE filter

DE (Diatomaceous Earth) filter ini merupakan jenis filter kolam renang yang cara kerjanya sama dengan memakai cartridge. Akan tetapi, ada penambahan bubuk DE dalam melapisi cartridge. Sebenarnya bubuk ini merupakan fosil dari organisme air yang dinamakan diatom. Pada saat mati bangkai diatom nantinya terjatuh serta mengendap pada dasar air. Diberinya bubuk DE ini yaitu untuk menyaring kotoran yang ukurannya sangat kecil yang berukuran 3 sampai dengan 5 micron.

Apabila diamati dengan memakai mikroskop, maka akan terlihat lubang kecil-kecil yang mempunyai kemampuannya di dalam menyaring air dengan sangat efektif. Menggunakan sistem yang komplek, jenis filter kolam renang ini dinilai paling efektif dan harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis filter yang lainnya. Akan tetapi, anda semua yang menggunakan jenis filter ini bisa merasakan hasil dengan melihat kualitas air kolam renang anda.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kualitas air kolam renang yang terbaik sebaiknya anda semua memilih jenis filter kolam renang yang berkualitas dan sesuai dengan keadaan kolam renang anda semuanya. Dengan kualitas air yang baik, kolam renang anda akan terlihat jernih dan indah dipandang. Selain itu, kolam renang anda juga aka terjamin kesehatan airnya dan jauh dari kuman-kuman yang mengganggu kesehatan. Hubungi Jasa perawatan kolam renang di bali

Itulah jenis filter kolam renang yang perlu anda ketahui. Jika anda memerlukan jasa pembuatan kolam renang silakan hubungi kami, kami kontraktor kolam renang yang sudah berdiri sejak 2007.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !