fbpx
Mengenal Jenis Kolam Renang Lengkap Dengan Fungsinya

Mengenal Jenis Kolam Renang Lengkap Dengan Fungsinya

Bentuk kolam Renang – Tak hanya dalam berbagai tempat wisata air saja, kolam renang juga semakin mudah ditemukan di setiap rumah. Sebagai sarana olahraga yang menyehatkan dan mampu melepas kejenuhan, saat ini memang banyak orang yang memilih menghadirkan kolam renang pribadi. Ketersediaan kolam renang ini sangat bervariasi karena dikategorikan dalam berbagai jenis. Dimana tiap jenis kolam renang tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

jenis kolam renang

Jenis Kolam Renang

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa jenis kolam renang lengkap dengan fungsinya selengkapnya.

Lap Pool

Lap pool adalah kolam renang yang didesain dengan bentuk memanjang dan sempit. Jenis kolam renang ini umumnya dibuat untuk orang yang mempunyai masalah kesehatan. Dengan desain kolam renang yang memanjang dan menyempit, anda bisa melakukan olahraga dalam waktu yang lebih intensif. Model kolam renang ini seringkali dilengkapi dengan arus yang dirancang menggunakan mesin. Keberadaan arus begitu menguntungkan karena bisa difungsikan sebagai tempat santai.

Ingin membuat kolam renang Hubungi kami: Contact-me

Competition Pool

Kolam renang yang satu ini didesain secara khusus dengan menerapkan standar nasional maupun internasional. Kolam renang ini dibuat untuk perlombaan.

Exercise Pool

Sama halnya namanya, kolam renang ini difungsikan sebagai sarana melakukan latihan renang. Desain kolam renang latihan ini lebih kecil daripada kolam renang biasanya. Ada sistem penggerak di kolam renang ini untuk menimbulkan arus. Arus yang ada bisa menyebabkan perenang dapat menetap di tempatnya.

Public Pool

model Kolam renang ini sengaja dibuat untuk kepentingan umum. Pada umumnya, public pool dibangun untuk tujuan komersial, seperti fasilitas wisata dan hotel. Public pool difungsikan sebagai tempat berenang yang digunakan secara bersama-sama dengan orang lain.

Private Pool

jenis Kolam renang ini digunakan sebagai kolam pribadi yang dipakai pemilik dan keluarga. Ukuran kolam renang ini relatif lebih kecil daripada public pool. Hal ini dikarenakan efisiensi dan frekuensi pemakaian yang tak serutin maupun sebanyak public pool. Untuk anda yang ingin memiliki kolam renang sendiri di rumah, anda sangat disarankan untuk memilih tipe kolam renang ini.

Play Pool

Kolam renang yang satu ini mempunyai ketinggian air yang rendah. Jenis play pool ini diperuntukkan bagi anak-anak. Desain warna kolam renang ini biasanya mencolok guna menggambarkan perasaan anak-anak yang memang selalu ceria. Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk bersantai di sekitar kolam renang yang bisa dimanfaatkan orangtua dalam mengawasi anak-anak yang bermain.

Geometris

Kolam renang geometris adalah kebalikan dari tipe kolam renang free form. Orang yang membuat kolam renang geometris mempunyai tujuan untuk memperoleh kesan formal dari desain kolam renang miliknya. Tipe kolam renang ini umumnya tak diterapkan di rumah, akan tetapi di sekolah-sekolah ataupun di tempat kompetisi renang. Tipe kolam renang geometris juga disebut sebagai kolam renang yang formal. Dalam menghadirkannya pun, kolam ini tak membutuhkan aksesoris. Seperti yang diketahui, sebagian besar tipe kolam renang menggunakan aksesoris untuk menghiasi sekelilingnya.

Free Form

Tipe kolam renang free form atau jenis bebas mempunyai bentuk yang tak ditentukan. Pada uumumnya, kolam renang ini dibangun dengan model yang tak beraturan. Dengan begitu, desain kolam renangnya akan menimbulkan nuansa yang tampak lebih natural. Tujuan membuat kolam renang free form ini memang untuk menampilkan kesan yang lebih dekat dengan alam.

Mengenai fungsinya, kolam renang jenis bebas hampir sama fungsinya dengan tipe kolam renang pribadi. Pada umumnya, bentuk kolam renang ini telah ditentukan sedemikian rupa. Dengan begitu, desainnya terkesan menyatu dengan rumah. Anda bisa mendesain kolam renang free form menggunakan desain buatan sendiri atau meminta bantuan spesialis yang lebih berpengalaman untuk memberikan desainnya.

Overflow

Jenis kolam renang lainnya ialah overflow. Tipe kolam renang ini bukan mengacu pada desain atau gaya dinding kolamnya, akan tetapi kesan unik yang didapat dari air yang meluap karena melebihi batas ketinggian dinding kolamnya. Desain kolam renang ini tentunya dilengkapi dengan sirkulasi air yang bagus. Dengan begitu, tak membuat dek kolam renang menjadi licin ataupun banjir. Kolam renang yang satu ini memberi kesan air yang melimpah. Apabila anda hobi berenang, anda juga bisa menghadirkan tipe kolam renang ini.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !