fbpx

Jenis Pemasangan Instalasi Kolam Renang dan Peralatannya

Saat memiliki kolam renang, tentu anda juga akan dihadapkan pada instalasinya. Bila dilihat dari sistem sirkulasi nya, terdapat dua instalasi kolam renang yang harus anda ketahui. Yang pertama adalah sistem sirkulasi overflow dan sistem sirkulasi skimmer. Walaupun kedua sistem sirkulasi tersebut memiliki perbedaan, tetapi tujuan utama dari kedua sistem sirkulasi tersebut tidak berbeda. Yakni untuk membersihkan permukaan kolam dari berbagai macam kotoran yang tidak dapat tenggelam dan mengapung.

Dalam instalasi kolam renang yang menerapkan sistem sirkulasi overflow, maka sistem kerjanya pertama kali pompa dari balancing tank. Balancing tank akan menghisap air dan dikirim ke kolam dengan proses filtrasi dalam mesin filter. Kemudian air masuk ke kolam melalui inlet dan masuk ke dalam saluran lain sebagai penampungan. Penampungan tersebut namanya gutter dan dari gutter air masuk ke balancing tank.

Jenis Pemasangan Instalasi Kolam Renang dan Peralatannya
dadispool.com

Jenis Instalasi Kolam Renang Skimmer

Untuk sistem sirkulasi skimmer, maka dalam prosesnya tidak perlu balancing tank. Air dapat dihisap dengan langsung caranya menggunakan pompa sirkulasi. Proses ini akan berlangsung di dalam kolam dan melewati skimmer. Kemudian dibalikkan lagi masuk ke dalam kolam. Bila ada tambahan ketinggian kolam dikarenakan air hujan dan penggunaan, maka langsung bisa dilimpahkan di saluran pembuangan. Tetapi jika terjadi pengurangan air disebabkan karena penguapan, maka penambahan air akan dilakukan dari dalam kolam.

Sistem tersebut lebih sering diaplikasikan untuk kolam renang pribadi atau kolam yang penggunanya tidak terlalu banyak. Sebab kelemahan dari sistem sirkulasi skimmer ini air yang terbuang akan lebih banyak. Sebab sering terjadi penambahan air di dalam kolam.

Perlengkapan Instalasi Kolam Renang

Di dalam sirkulasi dan instalasi kolam memerlukan beberapa elemen yang sangat penting. Diantaranya berupa pompa sirkulasi, pompa sirkulasi memiliki fungsi sebagai pompa transfer yang berfungsi untuk menyalurkan air yang berasal dari balancing tank atau skimmer. Kemudian memasukkan lagi ke dalam kolam renang. Pompa transfer sendiri ada beberapa jenis seperti pompa end suction dan pompa sentrifugal.

Filter

Peralatan selanjutnya yang diperlukan dalam instalasi sebuah kolam renang adalah filter. Filter digunakan sebagai mesin penyaringan filtrasi air yang akan dimasukkan ke dalam kolam renang. Dengan demikian, kondisinya harus selalu dalam keadaan bersih. Jenis filter sendiri juga terbagi menjadi dua yakni cartridge filter dan sand filter.

Balancing Tank

Ini merupakan salah satu peralatan khusus yang digunakan dalam sistem sirkulasi overflow. Peralatan ini berfungsi sebagai penyeimbang volume air kolam. Bila hujan sedang turun, maka luapan air yang masuk ke dalam kolam renang akan ditampung menggunakan alat ini. Tetapi bila ada air yang berkurang dikarenakan penguapan, maka air yang berada di dalam balancing tank akan dimasukkan ke dalam kolam renang lagi.

Chemical Feeder

Ini merupakan salah satu peralatan penting yang berfungsi sebagai penambah bahan kimia. Alat ini digunakan untuk merawat air yang berada di dalam kolam dengan instalasi inlet. Chemical feeder sendiri terbagi kedalam dua macam jenis yakni automatic chemical chlorine feeder dan chemical dosing pump.

Skimmer Box

Perlengkapan kolam renang yang kelima yang dibutuhkan adalah skimmer box. Alat ini hanya digunakan dalam sistem sirkulasi kolam renang skimmer. Fungsinya yaitu untuk titik hisap pompa pada sirkulasi.Saat anda menggunakan alat ini, maka kotoran yang terdapat di dalam permukaan kolam renang dapat terhisap. Dengan demikian, kolam renang selalu dalam kondisi bersih. Sementara inlet yang merupakan alat ke-6 menjadi tempat guna memposisikan air yang masuk dan kembali ke dalam kolam renang.

Maindrain

Ini adalah alat ke-7 dalam instalasi kolam renang. Maindrain sendiri digunakan untuk menguras serta membuang air kolam renang. Tetapi jika kolam renang menggunakan sistem sirkulasi overflow, maka maindrain digunakan untuk titik hisap pada bagian pompa hias misalnya air mancur dan lain sebagainya.

Setelah anda mengetahui seperti apa jenis dan peralatan instalasi kolam renang, maka bila anda membutuhkan semua peralatan tersebut atau jasa instalasi kolam renang. Anda bisa mempercayakan kepada Kontraktor Kolam Renang Bali.  Kami selalu siap membantu anda dengan pelayanan yang memuaskan dan harga jasa yang sangat terjangkau.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !