fbpx

Jenis Sistem Plumbing Kolam Renang Yang Sering Digunakan

Sistem plumbing kolam renang merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam berlangsungnya sirkulasi kolam renang itu sendiri. Dengan adanya plumbing yang baik, maka sirkulasi juga akan lancar. Dengan demikian, kebersihan kolam renang juga akan selalu terjaga. Meskipun anda mempunyai desain kolam renang yang cukup bagus, tetapi tanpa adanya perencanaan jalur pemipaan yang baik tentu sirkulasi kolam renang yang anda miliki juga tidak bisa berfungsi secara optimal.

>>Baca Juga : Mengenal berbagai jenis sistem sirkulasi Kolam renang

Sistem plumbing kolam renang adalah salah satu rangkaian dari pipa-pipa yang memiliki fungsi sebagai sarana sirkulasi yang terdapat di dalam sistem kolam renang itu sendiri. Jalur sirkulasi ini menghubungkan antara fungsi yang bertujuan supaya sistem filtrasi dan fungsi sirkulasi kolam renang bisa bekerja dengan sangat baik.

Jenis Sistem Plumbing Kolam Renang Yang Sering Digunakan
copperleafpools.com

Jenis Plumbing Kolam Renang

Umumnya di dalam sistem sirkulasi air yang terdapat pada kolam renang. Ada berbagai macam plumbing atau jalur pemipaan yang menjadi satu kesatuan dengan fungsi yang ada di kolam renang. Jalur-jalur pemipaan tersebut lalu akan bekerja sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

Sistem sirkulasi kolam renang secara garis besar terdiri atas dua bagian, yakni sistem pemipaan dan sistem mekanikal. Sistem mekanikal merupakan sistem yang melibatkan filter dan mesin pompa. Tanpa menggunakan sistem ini, maka pergerakan air yang ada dalam kolam renang tidak bisa berjalan dan tidak akan menghasilkan mutu air yang baik. Sehingga proses sirkulasi air dalam kolam renang bergantung pada sistem ini.

kenali penyebab >> kolam renang bocor dan cara mengatasinya

Selanjutnya adalah sistem pemipaan kolam renang atau yang sering disebut dengan plumbing. Sistem ini adalah berupa jaringan instalasi pipa air yang telah dipetakan sesuai kebutuhan. Maksud dan tujuan dari sistem ini adalah sebagai jalur utama untuk menghubungkan antara kolam renang dengan sistem mekanikal. Sehingga sistem pemipaan kolam renang ini dibedakan dalam beberapa jenis. Diantaranya adalah:

Sistem Pemipaan Jalur Vacuum

Plumbing jalur vakum merupakan salah satu sistem pemipaan yang ada pada kolam renang yang dipakai untuk menyedot kotoran yang ada di bagian dasar kolam. Jalur ini digunakan untuk mengalirkan air ke bagian filter untuk disaring. Selanjutnya air bersih hasil penyaringan dialirkan kembali ke kolam renang. Bila kondisi kolam terlalu kotor, umumnya kolam yang divakum langsung dibuang dari jalur tersebut tanpa masuk ke bagian filter. Jalur vakum digunakan ketika pelaksanaan vakum kolam renang berlangsung. Selang vakum sendiri yang digunakan untuk menghisap kotoran dipasangkan pada jalur ini. Dengan demikian, kotoran bisa masuk ke dalam filter.

>>Baca Juga : Panduan memilih filter kolam renang yang baik

Pemipaan Jalur Inlet

Di dalam sistem pemipaan pada kolam renang dikenal dengan istilah jalur plumbing inlet. Jalur inlet merupakan jalur masuknya air dari bagian pompa ke kolam renang yang akan melewati nozzle inlet atau inlet fitting. Dalam hal ini ke dalam kolam lewat jalur inlet, bila pemipaan kolam renang tersebut rusak, tentu saja air yang dialirkan ke bagian kolam tidak sesuai dengan harapan.

Plumbing Jalur Overflow

Di dalam sistem ini menerapkan jalur air dari gutter yang mengalir ke bagian balancing tank. Sesuai dengan namanya, sistem ini hanya terdapat pada kolam renang overflow. Dalam sistem ini, maka air yang berasal dari balancing tank dialirkan ke filter untuk disaring lalu disalurkan kembali ke kolam renang.

Pemipaan Maindrain

Sistem pemipaan jalur maindrain adalah jalur air yang berada di bagian lantai atau bawah kolam yang menghisap air lewat pompa kolam. Lokasi jalur maindrain ini berada di bawah lantai dari kolam renang. Ketika pelaksanaan vakum, maka jalur pemipaan tersebut akan ditutup dan yang dibuka adalah jalur pemipaan vakum.

Plumbing Jalur Skimmer

Sistem ini bekerja dengan cara mengalirkan air dari box skimmer dengan dihisap menuju ke pompa. Skimmer box hanya ada pada kolam renang yang menerapkan sistem skimmer. Fungsi dari skimmer box sendiri adalah sebagai balancing tank. Dari sini air dialirkan ke bagian filter dan selanjutnya dimasukkan ke dalam kolam.

>>Silakan baca juga artikel: Mengenal kolam renang skimer dan bagaimana cara perawatannya

Plumbing Back Wash

Sistem plumbing kolam renang yang terakhir yaitu jalur backwash. Jalur ini adalah pipa saluran pembuangan air yang berfungsi ketika mencuci filter kolam renang. Air yang berasal dari jalur ini langsung dibuang keluar, sebab air ini adalah air kotor yang digunakan saat mencuci filter. Jika ada hal yang perlu anda konsultasikan silakan hubungi Kontraktor kolam renang terdekat

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !