fbpx
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sand Filter Kolam Renang

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sand Filter Kolam Renang

Di dalam filter kolam renang kita mengenal berbagai macam jenis filter, salah satunya adalah sand filter kolam renang. Ini adalah salah satu komponen pendukung yang penting dan berfungsi untuk menyaring kotoran. Dengan demikian, air yang tersirkulasi di dalam kolam renang dalam kondisi yang jernih. Banyak pemilik kolam yang sudah mempercayakan filtrasi kolam renangnya dengan menggunakan sand filter. Harganya tergolong murah bila dibandingkan dengan tipe filtrasi lainnya. Dan ini menjadi alasan utama mengapa tipe sand filter sangat digemari.

Sand filter kolam renang mempunyai cara kerja yang sangat sederhana, yakni menyaring air dengan pasir khusus dan air akan dialirkan ke pasir dengan cara memanfaatkan tekanan dari pompa. Kemudian air melewati pasir dan partikel yang masuk melewati pasir. Dengan demikian, kotoran akan sulit melalui tumpukan pasir ini, sementara air tetap dialirkan dan kembali ke kolam renang dengan kondisi yang bersih.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Sand Filter Kolam Renang
zerocapital.info

Kelebihan Penggunaan Sand Filter Kolam Renang

Berbagai macam keunggulan penggunaan sand filter salah satunya adalah cara perawatannya yang sangat mudah. Perawatan pasir tersebut sangat mudah, anda cukup melakukan backwashing yang tersedia pada tuas filter. Backwashing ini nantinya akan mengembalikan posisi pasir yang semula berada di atas dan memiliki banyak kotoran menjadi pindah posisi di bagian bawah.

Dengan adanya tekanan air dari pompa, maka permukaan yang kotor didorong keluar dari filter. Sementara itu, keawetan dan daya tahan dan filter tidak perlu anda ragukan lagi. Dengan menggunakan pasir sebagai media penyaring akan lebih awet bila dibandingkan dengan tipe filter kolam renang lainnya. Dapat dikatakan, pasir cukup diganti dengan pasir baru setelah 5 hingga 7 tahun penggunaan. Namun ini tetap tergantung pada frekuensi pemakaian dan kondisi pasir yang harus anda perhatikan adalah permukaan pasir. Ketika proses perawatan mingguan, bila permukaan sudah terlihat kotor anda tinggal melakukan proses backwashing saja.

Kekurangan Sand Filter

Segala sesuatu yang mempunyai kelebihan tentu akan memiliki kekurangan, demikian pula halnya dengan sand filter ini. Kelemahan dari sand filter yakni anda harus melakukan backwashing secara rutin dan teratur. Supaya bisa menjaga kondisi pasir dan efisiensi penyaringan air. Selain itu, mesin filter ini juga membutuhkan tekanan yang lebih dari pompa. Sebab tekanan air yang berasal dari pompa bisa mengalami hambatan serta penurunan tekanan ketika melewati pasir. Dalam proses penyaringan nya juga memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan berbagai macam jenis filter lainnya.

Kapan Sand Filter Harus Diganti?

Ada dua hal yang menjadi penyebab di mana media sand filter harus diganti. Yang pertama ketika media pasir menggumpal. Karena dalam sand filter, pasir memiliki peran penting untuk menyaring kotoran, sehingga bila kondisi pasir telah menggumpal maka sebaiknya pasir silika yang digunakan segera diganti. Itu artinya fungsi filtrasi pasir sudah tidak berjalan dengan bagus. Dengan media pasir yang menggumpal, sudah dapat dipastikan bahwa fungsi dan peranan pasir tidak bisa bekerja secara optimal dalam proses penyaringan air.

Media pasir terlalu lama dipakai. Ini juga menjadi salah satu penyebab dimana anda harus segera mengganti filter. Sebab media yang sudah terlalu lama digunakan bisa mengalami pengikisan di butirannya. Dengan pengikisan tersebut, bisa berdampak buruk pada proses penyaringan air. Sebab diameter pasir yang kurang dari 0,4 mm dan bagian yang pecah umumnya bisa terdorong masuk ke kolam renang. Karena mempunyai ukuran diameter yang terlalu kecil, maka bisa lolos dari penyaring lubang lateral. Pecahnya pasir sendiri dapat disebabkan benturan di dalam tabung filter. Sehingga ini akan mengakibatkan proses penyaringan tidak berjalan secara optimal. Sehingga air yang ada di kolam renang bisa berkurang kejernihannya.

Penyedia Sand Filter Berkualitas

Bila anda sedang mencari sand filter kolam renang yang terbaik dengan harga terjangkau dan kualitas unggul. Maka Kontraktor Kolam Renang Bali menyediakannya untuk anda. Untuk kolam renang komersial, maka sand filter lebih besar dibandingkan dengan ukuran kolam pribadi. Sehingga disini anda bisa memilih berbagai macam ukuran filter yang bisa disesuaikan dengan ukuran kolam renang. Harganya pun sangat terjangkau dan kompetitif sehingga anda bisa mendapatkan sand filter sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !