fbpx

Cara Ampuh untuk Mengatasi Kolam Renang Berbusa

Kolam renang berbusa menjadi salah satu permasalahan yang sering muncul pada perawatan kolam renang yang begitu menjengkelkan. Selain berlumut, berubah warna menjadi hijau atau kekuningan, ditumbuhi alga, permasalahan lainnya adalah munculnya busa pada air kolam renang.

Cara Ampuh untuk Mengatasi Kolam Renang Berbusa
curvetube.com

Hal ini tentu saja mengganggu penampilan kolam renang sekaligus mengganggu kenyamanan dalam berenang. Maka dari itu, permasalahan seperti ini harus bisa segera diselesaiakan dengan cara yang baik dan benar, serta aman bagi kesehatan maupun lingkungan.

Berenang merupakan aktivitas yang dapat menjadi kegiatan untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot dalam tubuh. Selain itu, aktivitas dalam air ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk relaksasi dan menenangkan pikiran.

Dengan asyik bermain air, berendam, dan berenang, maka segala stress dan rasa letih dalam menghadapi padatnya aktivitas akan berkurang. Terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan orang tercinta seperti pasangan atau bersama keluarga.

Namun, jika kolam renang ternyata memiliki kualitas air yang kurang baik, air berbusa, bau, dan berwarna keruh, tentu saja akan mengurungkan niat seseorang untuk berenang di dalamnya. Maka semaksimal mungkin perawatan harus dilakukan dengan baik dan benar, serta dilakukan secara rutin agar kolam renang dapat terjaga.

Ciri-Ciri Kolam Berbusa

Terdapat dua jenis kolam renang, yakni indoor atau di dalam ruangan, serta outdoor atau di luar ruangan. Pada kedua jenis kolam ini, yang paling sering terjadi air kolam berbusa adalah kolam renang outdoor. Namun demikian, tidak jarang pula kolam renang indoor juga berbusa, sehingga semuanya tergantung pada perawatan kolam renang.

Kolam renang yang berbusa ditandai dengan munculnya busa-busa kecil seperti sabun atau bahkan berupa gelembung-gelembung yang cukup besar. Ketika digunakan untuk berenang, maka busa yang terbentuk semakin banyak dan menumpuk pada sudut-sudut kolam renang.

Jika telah muncul tanda-tanda seperti ini, maka berarti Anda sudah harus melakukan perawatan kepada kolam renang Anda. Apabila Anda tidak segera melakukan perawatan, maka busa yang terbentuk lama-kelamaan bisa menjadi lumut dan kolam renang akan berkerak. Air kolam renang pun juga akan semakin keruh, bahkan muncul aroma yang kurang sedap.

Kondisi kolam renang yang sudah seperti ini, tentu saja akan membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Anda harus melakukan pembersihan kotoran dan kerak yang menempel di dinding dan lantai kolam renang. Selain itu, Anda juga harus membersihkan filter dari endapan yang telah mengerak. Di samping itu, Anda juga harus menanggung biaya perawatan yang tidak murah.

Cara Mengatasi Kolam Renang Berbusa

Apabila air kolam di rumah Anda sudah menunjukkan adanya gejala berbusa, maka Anda sebaiknya segera melakukan perawatan. Adapun cara ampuh untuk mengatasi kolam renang yang berbusa adalah sebagai berikut:

Air Kolam Berbusa

Jika gejala yang ditunjukkan masih berupa air kolam yang berbusa, Anda bisa mengatasinya dengan leaf skimmer atau saringan guna menangkap busa-busa yang ada di permukan. Selain itu Anda bisa menambahkan granular sebaganyak setengah kilogram. Hal ini bergungsi untuk munculnya busa-busa kembali.

Busa Telah Menjadi Lumut

Jika busa pada permukaan air telah menempel pada dinding dan menjadi lumut, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengangkat lumut yang tumbuh di dinding kolam. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan sikat untuk merontokkan lumut.

Selain itu, tambahkan granular dan soda as masing-masing sebanyak setengah kilogram. Fungsi dari soda as adalah untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada air kolam renang dari sisa-sisa lumut yang masih tertinggal.

Membatasi Penggunaan Terusi

Pembatasan penggunaan bahan terusi juga mampu menekan produksi busa pada kolam renang. Anda harus mengatur penggunaan terusi agar tidak mengakibatkan kolam mudah berbusa. Pemberian terusi bisa Anda batasi dengan minimal 2 minggu sekali sebanyak satu genggam.

Rutin Membersihkan Debu pada Kolam Renang

Debu, sampah, serta kotoran lainnya harus segera Anda bersihkan dari kolam renang. Sebab, berbagai kotoran ini mampu menimbulkan kerak pada dinding, sehingga sangat sulit untuk dihilangkan. Selain itu, debu dan kotoran lain yang masuk ke dalam kolam renang dapat mengakibatkan air kolam renang berbusa.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !