fbpx
Manfaat dan Cara Penggunaan Vacuum Fitting Kolam Renang

Manfaat dan Cara Penggunaan Vacuum Fitting Kolam Renang

Di dalam perawatan kolam renang terdapat salah satu alat untuk merawat kolam renang yang namanya vacuum fitting. Vacuum fitting kolam renang ini merupakan salah satu alat saluran yang ada pada dinding kolam. Saluran tersebut biasanya dipakai ketika vakum kolam. Atau juga sebagai penyedot kotoran yang mengendap yang ada di dasar kolam. Air yang masuk ke dalam vakum lalu dialirkan ke bagian filter untuk disaring dan kembali ke kolam renang dalam kondisi yang bersih.

Cara melakukan penyedotan atau vakum pada kolam renang merupakan salah satu hal penting yang bertujuan untuk menjaga kebersihan kolam renang. Dengan dilakukannya vakum kolam renang tentu bisa membantu untuk mengangkat kotoran yang mengendap di dasar kolam. Untuk itu, vacuum fitting kolam renang juga memiliki peran penting dalam hal ini. Sebab, alat ini bisa dipakai pada instalasi pipa yang letaknya tepat berada di pinggir kolam. Dengan demikian, bisa sesuai dengan kepala selang standar. Selain itu, dengan adanya vacuum fitting ini juga bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan kolam renang anda.

Manfaat dan Cara Penggunaan Vacuum Fitting Kolam Renang

indonetwork.co.id

Langkah Melakukan Vacuum Fitting Kolam Renang

Perbedaan antara vakum biasa dan vakum buang adalah di bagian akhirnya. Bila dalam proses vakum biasa, maka air dialirkan pada bagian filter. Sementara pada vacuum buang air tidak dialirkan tetapi langsung dibuang. Kedua proses vakum tersebut harus dilakukan dengan cara yang tepat agar menghasilkan kolam renang yang bersih maksimal. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan vakum kolam renang dengan cara yang tepat.

Siapkan Alatnya

Ketika melakukan vakum pada kolam renang hal yang paling utama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Berbagai macam peralatan yang harus disiapkan di antaranya adalah vacuum hose, vacuum head, telescopic handle, pool brush dan leaf skimmer.

Mesin Kolam Dimatikan

Sesudah semua peralatan disiapkan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu mematikan mesin pada kolam. Posisikan handle filter pada bagian mode filter. Ketika memutar hendel anda sebaiknya mengkondisikan mesin dalam keadaan off, sementara pipa vakum pada posisi on dalam kolam renang overflow dan semi overflow. Tetapi pada kolam renang skimmer sebaiknya pastikan pipa skimmer pada posisi on. Untuk pipa main drain dan pipa balancing juga dalam kondisi off untuk kolam overflow, dan kondisikan pipa pembuangan pada posisi on.

Nyalakan Mesin

Jika pengaturan vakum sudah dilakukan, maka kembali nyalakan mesin kolam tetapi pastikan semua pemipaan sudah benar sebelum anda menyalakan mesin nya. Lalu bila semua sudah selesai, anda dapat menyalakan mesin kolam renang. Lalu anda bisa melakukan vacuum pada kolam yang berguna untuk mengangkat kotoran. Fungsi vakum adalah mengangkat kotoran di bagian permukaan kolam kotoran seperti bunga, daun atau kotoran lain disedot lewat proses ini. Untuk memudahkannya anda bisa memasang leaf skimmer dan juga telescopic handle agar bisa menjangkau kotoran yang jauh.

Vacuum Kolam Renang

Dalam proses vakum ini langkah selanjutnya adalah mengangkat kotoran di bagian dasar kolam. Caranya hubungkan salah satu ujung vacuum hose pada pipa vacuum fitting untuk kolam overflow. Sementara pada kolam skimmer, vacuum hose dihubungkan dengan pipa skimmer dan ujung satunya pada vacuum head yang telah dipasang pada telescopic handle. Lakukan vacuum menyeluruh di bagian lantai dan dinding, selain itu bisa juga dilakukan penyikatan dengan pool brush.

Pengaturan Pemipaan

Langkah terakhir dalam proses vakum kolam renang ini adalah mengatur pemipaan. Untuk kolam overflow, tutup semua pemipaan dan yang terbuka hanya pipa medium serta balancing tank. Sementara bagi kolam skimmer semua pemipaan terbuka kecuali pada bagian pipa pembuangan. Lalu nyalakan mesin kembali setelah semua selesai.

Bagi anda yang membutuhkan jasa perawatan kolam renang atau memerlukan peralatan kolam renang seperti vacuum fitting kolam renang, vacuum hose, telescopic handle, pooll brush dan lain sebagainya. Anda bisa menghubungi Kontraktor Kolam Renang, kami akan selalu siap melayani anda dengan pelayanan yang memuaskan. Kami selalu memberikan pelayanan yang berkualitas untuk anda dengan harga yang bersahabat.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !