Cara Ampuh untuk Mengatasi Alga Kolam Renang
Cara Ampuh Mengatasi Alga Kolam Renang

Cara Ampuh untuk Mengatasi Alga Kolam Renang

Perawatan pada kolam renang, tidak hanya pada pengontrolan tingkat kejernihan air kolam. Merawat kolam berarti juga memperbaiki berbagai kendala yang muncul pada kolam . Beberapa kendala yang sering muncul adalah alga kolam renang, tumbuhnya lumut, dan air kolam yang menguning.

Cara Ampuh untuk Mengatasi Alga Kolam Renang
pixiespetal.com

Alga kolam renang menjadi salah satu gangguan dalam perawatan kebersihan kolam. Namun demikian, adanya alga pada kolam disebabkan oleh perawatan yang kurang baik dan benar. Hal ini menyebabkan air dalam kolam renang mengandung bahan-bahan organik, serta memiliki komponen-komponen lain yang mendukung tumbuh kembangnya alga.

Mengenal Alga pada Kolam Renang

Seringkali pada kolam renang yang tidak mendapatkan perawatan yang baik akan menjadi tempat tumbuh kembangnya alga. Akhirnya air kolam menjadi berwarna hijau, serta dinding dan lantai kolam menjadi kotor.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis alga yang sering tumbuh di dalam kolam renang yang kurang mendapatkan perawatan, di antaranya:

  1. Alga yang terapung bebas. Jenis alga ini berwarna kehijauan dan mengapung di permukaan atau bahkan menempel pada dinding dan lantai kolam. Jenis alga ini memang mudah dibersihkan, namun efeknya air kolam akan berwarna hijau atau kekuningan.
  2. Alga hitam atau black algae. Jenis alga yang satu ini tumbuh di sudut-sudut permukaan air kolam renang. Sebenarnya warna alga ini adalah hijau kebiruan, namun karena pekat, akhirnya nampak seperti warna hitam.

Cara Ampuh Mengatasi Alga Kolam Renang

Berikut ini cara yang cukup ampuh untuk mengatasi alga yang tumbuh di dalam kolam renang Anda:

Membersihkan Alga secara Manual

  • Dengan menggunakan sikat, bersihkan area dinding dan lantai kolam renang agar alga terlepas dari area tersebut. Langkah ini berfungsi untuk mempermudah tindakan selanjutnya yang akan dilakukan untuk mengatasi alga.

Menguji Kualitas Air

  • Pastikan bahwa tingkat keasaman atau pH air kolam renang berada pada tingkat yang normal, yakni sekitar 7,2 – 7,6. Untuk membersihkan kolam yang ditumbuhi oleh alga, air kolam harus dikondisikan agar berada pada tingkat yang normal.
  • Hal ini dikarenakan bahan kimia klorin yang akan digunakan untuk membersihkan hanya mampu bekerja secara optimal pada pH yang normal. Pada pH yang terlalu asam atau basa, kinerja dari klorin akan menurun, sehingga alga masih bisa mengontaminasi air kolam renang.
  • Kadar klorin untuk membersihkan kolam renang adalah 1,6 kg untuk setiap 100 ribu liter. Sedangkan, setelah dilakukan pengobatan dengan klorin, maka filter harus dibiarkan bekerja selama 24 jam agar klorin bisa tercampur sempurna.

Pengulangan Pengobatan (Jika Perlu)

  • Apabila ternyata air kolam renang masih hijau dan nampak masih ada alga yang menempel, maka dosis klorin bisa ditingkatkan. Ulangi proses pada nomor (2) dengan menambahkan takaran klorin yang digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa kadar klorin masih terlalu rendah, sehingga alga masih belum bisa teratasi dengan maksimal.
  • Keberhasilan pengobatan air kolam renang ditunjukkan dengan perubahan warna air menjadi putih keabu-abuan. Setelah didiamkan selama beberapa jam, maka air akan menjadi jernih dan di bagian dasar kolam akan terbentuk endapan kotoran (alga yang mati). Jika kondisi air dalam kolam sudah seperti ini, maka langkah selanjutnya adalah proses vakum pada kolam renang untuk membersihkan endapan.

Backwashing Filter

  • Setelah alga selesai dibersihkan dengan pengobatan, Anda harus melakukan backwashing filter. Langkah ini berfungsi untuk membersihkan filter dari kotoran yang menyumbatnya. Jika filter tidak dibersihkan, maka alga akan mudah tumbuh kembali di kolam renang Anda. Akhirnya biaya perawatan pun akan membengkak.

Penyeimbangan Kualitas Air Kolam

  • Jika pembersihan telah selesai, di mana sudah tidak ada lagi alga yang menempel di dinding dan lantai kolam, serta air berwarna jernih, Anda harus melakukan pengujian kualitas air. Setelah kualitas air diketahui, jika perlu dilakukan penyeimbangan chemical pada air, maka Anda harus melakukan penyeimbangan chemical.

Adapun untuk baku mutu chemical air kolam renang adalah klorin bebas sebesar 1 – 3 ppm, pH air sebesar 7,2 – 7,6, alkalinitas 80 – 120 ppm, serta calsium hardness sebesar 200 sampai dengan 350 ppm.

Cara ini menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatasi kolam renang Anda yang ditumbuhi oleh alga. Untuk lebih amannya, lakukan perawatan yang rutin, sehingga kolam renang akan tetap berkualitas dan terjaga.

Tinggalkan Balasan

Close Menu