fbpx
Cara Merawat Kolam Renang Ketika Musim Hujan Tiba

Cara Merawat Kolam Renang Ketika Musim Hujan Tiba

Bukan hanya butuh biaya besar dalam pembuatannya, kolam renang juga memerlukan waktu dan anggaran dalam perawatannya. Apabila anda memiliki kolam renang pribadi di rumah, anda harus melakukan perawat kolam renang tersebut dengan sebaik mungkin.

Terlebih lagi apabila saat musim hujan melanda. Meskipun sama-sama berbahan air, ternyata kolam renang tetap harus dirawat agar penghuni rumah merasa nyaman ketika menggunakannya. Anda pasti tidak menginginkan kondisi kolam renang yang kotor dan penuh dengan sampah.

Jadi selalu rawatlah kolam renang anda agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa cara untuk merawat kolam renang pribadi yang ada di rumah anda saat musim hujan tiba.

Periksalah Bakteri Dan Lumut

Apabila terdapat lumut pada kolam renang anda, bisa dipastikan bahwa kolam tersebut tidak begitu terawat. Lumut yang muncul di area kolam renang akan merusak pandangan kita saat berada di area tersebut. maka anda wajib melakukan perawatan.

>>Silakan Baca : Cara ampuh mengatasi kolam renang berlumut

Selain itu, lumut juga bisa menyebabkan suatu penyakit yang bisa mengganggu kesehatan semua penghuni rumah. Agar kolam renang anda tetap terjaga dari lumut dan bakteri, rawatlah kolam renang sebaik mungkin agar kadar ph air tetap terjaga dan tidak terlalu tinggi.

Ph air yang konstan atau stabil mampu menghambat pertumbuhan lumut terjadi. Dengan begitu anda bisa menggunakan kolam renang tersebut untuk berenang dan bersantai tanpa takut ada hambatan yang bisa mengganggu aktivitas anda.

Perhatikan Volume Air

Saat musim hujan tiba, volume air pada kolam renang otomatis juga akan bertambah. Campuran antara air kolam asli dengan air hujan akan menghasilkan kolam dengan kondisi air yang lebih keruh.

Tidak hanya itu saja, akan terdapat kotoran yang mengendap di bagian pinggir maupun bawah kolam renang. Sehingga anda perlu ekstra dalam membersihkan kolam renang tersebut agar bisa digunakan kembali.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah kosongkan kolam renang anda ketika musim hujan melanda. Pastikan air yang berada pada kolam renang hanyalah air dari hujan yang turun. Jadi, lebih baik kolam tersebut jangan digunakan terlebih dahulu.

perhatikan volume air saat musim hujan

Bersihkan Kotoran Di Kolam Renang

Sebersih apapun kolam renang tidak luput dengan kotoran. Apalagi jika anda kurang dalam merawat kolam renang tersebut. Daun kering dan plastik bisa saja ditemukan di area kolam. Akhirnya kolam renang anda akan terpenuhi dengan sampah sehingga terlihat sangat kotor. Apabila dibiarkan saja, daun tersebut bisa membusuk dan mengotori sekitar kolam renang. Sehingga anda harus rajin untuk membersihkan dan membuang sampah yang ditemukan di sekitar kolam renang pribadi anda.

>>Baca juga : Jenis dan kegunaan obat pembersih kolam renang

Bersihkan Kolam Secara Berkala

Anda harus membersihkan kolam renang secara rutin dan berkala. Tindakan ini tentunya sebagai usaha untuk menjaga kualitas air pada kolam renang pribadi anda. Buatlah jadwal untuk membersihkan kolam renang sebelum kolam tersebut terlihat kotor dan airnya pun keruh. Cara membersihkannya yaitu dengan menguras bersih air yang ada di kolam renang, kemudian bersihkan bagian dasar kolam dan dinding dengan sikat.

Beginilah cara vacum kolam renang yang benar

wajib baca cara vacum kolam renang yang baik dan benar

Pastikan semua bagian dalam kolam renang telah sepenuhnya bersih. Kemudian anda bisa mengisi air ke dalam kolam renang agar bisa digunakan kembali sesuai fungsinya. Tidak hanya kolam renang saja yang harus dibersihkan. Tetapi anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang digunakan untuk mempercantik desain kolam renang.

Keringkan Kolam Renang Setelah Musim Hujan

Setelah musim hujan, tentu air dalam kolam renang sangat penuh dengan banyaknya kotoran. Anda harus menguras air kolam renang dan mengganti dengan air yang baru. Setelah selesai menguras, diamkan sekitar dua sampai tiga hari. Selain itu anda juga harus memeriksa bagian dinding kolam apakah ada keruasakan atau aman-aman saja. Apabila terdapat kerusakan yang serius, anda bisa menghubungi pihak yang lebih ahli dalam konstruksi kolam renang. Kemudian isilah kembali kolam renang anda dengan air yang baru.

Menggunakan Filtrasi

Apabila masih dalam proses pembangunan, anda bisa menambahkan sistem filtrasi dalam kolam renang. Penyaringan ini mampu membantu kolam renang agar tetap dalam kondisi yang sehat. Lebih lengkapnya silakan baca kelebihan dan kekurangan penggunaan sand filter kolam renang. Dengan anda menggunakan sistem ini, dijamin perawatan kolam renang akan menjadi lebih ringan. Sehingga anda tidak memerlukan tenaga yang ekstra untuk merawat kolam renang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !