fbpx
Natural Pool, Kolam Renang Alami, Sehat, dan Hemat Biaya
Natural Pool, Kolam Renang Alami, Sehat, dan Hemat Biaya

Natural Pool, Kolam Renang Alami, Sehat, dan Hemat Biaya

Natural pool atau kolam renang alami merupakan salah satu desain kolam renang dengan konsep kealamiannya yang sangat kuat. Tidak hanya sekedar penampilan, natural pool ini menerapkan berbagai pengaturan yang menjadikan air dalam kolam renang lebih alami, sehat, aman, serta hemat biaya.

Natural Pool, Kolam Renang Alami, Sehat, dan Hemat Biaya
rumahcor.com

Bagi sebagaian orang, kandungan kaporit dalam kolam renang bisa menjadi suatu permasalahan yang cukup serius. Kandungan kaporit yang tinggi mampu menyebabkan iritasi pada kulit dan mata, menyebabkan kulit kering, serta berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Kaporit atau kalisum hipolorit sendiri merupakan bahan kimia yang ditambahkan pada air kolam renang yang berfungsi sebagai disinfektan. Bentuk dari bahan kimia ini adalah bubuk putih yang ketika dimasukkan ke dalam air akan segera terurai dan menghasilkan oksigen serta gas klorin yang berbau khas dan menyengat.

Dengan ditambahkannya kaporit, maka air kolam renang diharapkan bisa bebas dari bakteri-bakteri dan mikroorganisme patogen lainnya. Selain itu, kaporit juga digunakan untuk menjernihkan air dalam kolam renang.

Prinsip Dasar Natural Pool

Pada prinsipnya, natural pool ini merupakan konsep kolam renang yang menggunakan berbagai unsur dan bahan yang alami. Natural pool bertujuan untuk menghasilkan sirkulasi air untuk kolam renang dengan cara yang alami dan aman untuk manusia maupun untuk lingkungan.

Dalam penerapannya, kolam renang alami ini tidak menggunakan kaporit, melainkan menggunakan bahan-bahan alami seperti batuan, pasir, dan tanaman untuk menyaring dan meminimalisir kotoran serta mikroorganisme patogen dalam air kolam.

Kolam Renang Alami Sehat dan Ramah Lingkungan

Kehadiran natural pool ini menjadi solusi dalam dunia kolam renang. Konsep ini mampu menghadirkan berbagai keunggulan yang sangat menguntungkan bagi manusia serta lingkungannya. Adapun keunggulan dari penggunaan konsep natural pool di antaranya sebagai berikut:

  1. Tidak memerlukan adanya penggantian air yang terus menerus, sehingga dapat menekan biaya perawatan kolam renang.
  2. Penyedotan kotoran bisa dilakukan dengan cara yang mudah, baik konvensional maupun modern.
  3. Harga awal pembangunan kolam renang alami sebanding dengan kolam renang konvensional. Sedangkan biaya operasional kolam renang alami jauh lebih murah.
  4. Tidak memerlukan peralatan listrik yang terlalu banyak dan berdaya besar, sehingga akan menghemat penggunaan listrik.
  5. Tidak menggunakan kaporit sama sekali, sehingga sangat alami, aman, dan sehat. Kolam ini sangat cocok bagi orang yang alergi atau sensitif terhadap kaporit.
  6. Tidak mencemari lingkungan karena air kolam renang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Berbagai keunggulan di atas bisa didapatkan dengan menggunakan konsep natural pool. Selain alami, sehat, dan aman, biaya pembangunan dan perawatannya pun lebih murah.

Namun demikian, untuk menerapkan konsep natural pool untuk kolam Anda di rumah, Anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Untuk menghasilkan penampilan yang indah dan menarik, Anda harus bisa mengatur jenis dan penempatan tanaman yang digunakan.

Selain sebagai penghias kolam renang, tanaman juga digunakan sebagai agen bioremediasi. Artinya, tanaman digunakan sebagai penyaring berbagai kotoran dan mikroorganisme yang patogen. Dengan ini, air dalam kolam renang akan tetap segar, alami, dan sehat.

Bebatuan dan pasir yang digunakan dalam sirkulasi air kolam renang juga digunakan untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk ke dalam kolam renang. Hasilnya, air yang dialirkan ke dalam kolam akan tetap jernih dan alami.

Alternatif Pengganti Kaporit

Selain dengan menggunakan bebatuan, pasir, serta tanaman, untuk menggantikan peran kaporit, ada cara lain yang juga bisa ditambahkan, yakni penggaraman. Untuk menerapkan metode ini, dibutuhkan alat berupa chlorinator garam.

Alat ini berfungsi untuk memecah partikel garam dengan prinsip elektrolisis. Hasil dari pemecahan garam ini adalah adanya senyawa klorin bebas seperti Natrium Hipoklorit dan Hypochlorus. Dua jenis senyawa ini memiliki kemampuan untuk mengikat partikel-partikel bebas yang dibutuhkan oleh air.

Dengan alat ini, selain mampu membasmi bakteri dalam kolam renang, air juga akan menjadi semakin bersih. Cara penggunaan alat pemecah garam ini pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan garam yang non iodium ke dalam air dan menyalakan alat pemecah garam. Biarkan alat berfungsi hingga air menjadi lebih jernih.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !