fbpx
Panduan memilih Lampu kolam renang

Panduan memilih Lampu kolam renang

Kami akan uraikan jenis lampu kolam renang, berikut cara pasang , beserta harga dan trafo kolam renang. Penggunaan Lampu kolam sangat penting untuk mendukung pencahayaan baik di dalam kolam maupun di sekitar kolam. Berikut adalah panduan memilih kolam renang yang baik.

lampu kolam renang
lampu kolam renang

Jenis lampu kolam renang

Memasangan lampu memiliki tujuan untuk menerangi kolam renang juga untuk memberikan aksen pencahayaan yang bagus di sekitar kolam renang. Pencahayaan aksen bertujuan untuk mempertegas tanaman di sekitar kolam beserta jalan setapak di sekitar kolam renang. Di pasaran, anda akan banyak sekali menemukan Jenis-jenis lampu . Berikut kami uraikan  jenis lampu untuk kolam renang:

Lampu kolam renang led

Lampu led kolam renang di rancang dan di buat secara khusus untuk pencahayaan kolam renang. Led sangat cocok di pasang karena memiliki system pencahayaan yang sangat bagus serta meningkatkan keindahan kolam renang. Sebaiknya lampu LED di pilih yang sudah memiliki standar waterproof IP68 yang sudah di uji kelayakannya di pasang di dalam air.

Baca Juga : Jenis filter kolam renang yang perlu anda ketahui

Jenis LED ini memiliki beberapa ragam warna cahaya, kadang beberapa merk sudah di lengkapi dengan remote yang berfungdi untung mengubah cahanya led sesuai dengan selera dan suasana. Pemasangan lampu LED ummunya menggunakan kabel Nyyhy dengan ukuran 1,5mm, tujuannya supaya kabel lampu LED tidak mudah meleleh dan tidak membahayakan bagi pengguna kolam.

Lampu LED sangat banyak di gunakan pada saat ini. Jenis LED ini megkonsumsi daya yang relative kecil, umumnya yang tersedia di pasaran 6 watt, 12 watt, 24 watt, dll. Kebanyakan jenis LED ini sudah memiliki standar IP68 yang artinya lyang sudah waterproff dan memiliki proteksi terhadap tekanan air.

Kelebihan dari lpencayaan kolam renang LED memiliki ketahanan 50.000 jam – 100.000 jam tergantung dari kondisi lingkungan sekitar. Kelebihan lain adalah hemat listrik karena memiliki watt yang relative kecil di bandingkan dengn lampu yang lain.

Lampu kolam renang philips suntuk outdoor

Cahaya Philips ini di gunakan untuk penerangan outdoor, jadi bukan di gunakan di dalam air kolam renang. Biasanya merk Philips digunakan untuk kolam renang olah raga, sehingga memberikan pencahayaan yang sangat bagus. Kelebihan Philips adalah memiliki lapisan yang tahan terhadap korosi lingkungan seperti penggunaan chemical pembersih, chlorin, dan uap air.

Tips: Cara memilih pompa kolam renang terbaik berkualitas

Lampu kolam renang hayward

lampu kolam renang Hayward memiliki pencahayana yang sangat ideal utuk kolam renang pribadi. Hayward sangat mudah dalam proses pemasangangannya karena hanya menggunakan 1 skrup. Jadi lampu Hayward bisa menjadi alternative and ajika hendak di pasang di dalam kolam renang

Lampu kolam renang emaux

lampu kolam renang emaux

Produk kolam renang emaux sangat terkenal di kalangan pelaku kolam . Emaux lini memiliki kualitas yang baik serta harga yg terjangkau. Dari segi fitur emaux memiliki ketahanan lebih dari 25.000 jam. Emaux juga sudah memiliki standar waterproof IP68. Lampu emaux juga tersedia dalam warna putih dan multi warna. Spesifikasi yang lain adalah: menggunakan Voltase 12 AC, material ABS, lampu emaux tersedia Halogen & LED.

Lampu kolam renang astral

lampu kolam renang astral
lampu kolam renang astral

Astral adalah dari pabrikan spanyol. Astral sangat umum di gunakan di kolam pribadi ataupun villa. Biasanya lampu yang di gunakan berjenis halogen 100 w yang memiliki sinar warna kuning atau warm. Penyinaran dari astral sangat bagus pada malam hari. Spesifikasi lengkapnya: Produk buatan Spanyol, menggunakan voltase 12 v, diameter 30 cm, Daya 100 w. karena astral sangat sensitive pada saat proses pemasangan bohlam astral harus sangat hati2 agar tidak mudah rusak.

Lampu fiber optik kolam renang

lampu kolam renang

Lampu fiber optik kolam renang

Pernahkan anda merasakan berenang di dalam kolam yang bertabur cahaya bintang?? Nah, karena fiber optic merupakan lampu hias yang dipasang di dalam kolam. Lampu ini memberikan aksen seperti taburan bintang pada malam hari.

Yang perlu anda ketahui juga: Jenis heater kolam renang

Sinar lampu fiber optic tersedia dalam beraneka warna, pemilihan warna cahaya tergantung dari desain warna yang anda inginkan. Untuk mendapatkan warna cahaya yang bagus lampu fiber optic bisa di kombinasikan sesuai selera.  

lampu kolam renang
lampu fiber optik kolam renang

Kabel cahaya fiber optic sangat aman di gunakan di dalam kolam namun dalam proses pemasangan harus di lakukan oleh ahlinya. Lampu fiber optic kolam renang menggunakan bahan dari tembaga yang di lapisi dengan pelindung sehingga aman di pasang di dalam air.

Lampu fiber optic menampilkan warna yang sangat indah.diameter lampu ini sangat kecil antara 3-5mm. Lampu fiber optic sangat cocok di aplikasikan di kolam pribadi, villa maupun hotel. Harga lampu fiber optic sangat terjangkau dan memiliki kualitas yang sangat bagus.

Lampu LED kolam renang di rancang dan di buat secara khusus untuk pencahayaan kolam renang. lampu LED sangat cocok di pasang karena memiliki system pencahayaan yang sangat bagus serta meningkatkan keindahan kolam renang.

Sebaiknya lampu LED di pilih yang sudah memiliki standar waterproof IP68 yang sudah di uji kelayakannya di pasang di dalam air. LED di gunakan untuk memiliki beberapa ragam warna cahaya. Terkadang beberapa merk sudah di lengkapi dengan remote yang berfungsi untuk mengubah cahanya LED sesuai dengan selera dan suasana.

Pemasangan LED ini umumnya menggunakan kabel Nyyhy dengan ukuran 1,5mm, tujuannya supaya kabel lampu LED tidak mudah meleleh dan tidak membahayakan bagi pengguna kolam.

Lampu sorot kolam renang

lampu kolam renang

Menggunakan lampu sorot kolam renang bisa untuk mempertegas dan memberikan efek aksen suatu objek di dalam kolam. Lampu sorot bisa di pasang di dekat air mancur ataupun di dalam air. Umumnya lampu sorot memakai lampu multy LED. Dengan cahaya RGB ( merah, hijau dan biru ) atau menggunakan satu cahaya seperti LED putih dan LED warm white. Lampu sorot LED di rancang untuk di pasang terendam dalam kolam renang. Model sorot tersedia dalam berbagai type dan berbagai warna, tergantung dari pemilihan selera anda.

Sampai disini anda sudah paham akan jenis-jenis lampu kolam renang baik itu lampu Sorot kolam renang, lighting LED Maupun tampel. Pemilihan merk pun sangat beragam mulai dari merk Astral, Hayward, Emaux, Philips, tentunya di sesuaikan dengan budget yang akan anda keluarkan. Berikut kami akan jelaskan cara pasang nya:

Cara pasang lampu kolam renang

Memasang lampu kolam sangat lah mudah, namun yang harus di perhatikan adalah alat serta proses pemasangan dengan benar. Agar terhindar dari kerusakan yang bisa terjadi di kemudian hari dan tidak mengganggu aktifitas di dalam kolam renang. berikut beberapa point tips cara memasang lampu kolam yang baik dan benar:

Gunakan Kabel Sesuai Standar PLN

Penggunaan kabel yang sesuai standar wajib di gunakan di dalam kolam renang agar terhindar dari kerusakan di kemudian hari. Kabel kolam renang di pasang di  dalam tanah maka wajib hukumnya jikan anda menggunakan conduit. Pemilihan kabel pun di sesuaikan dan di hitung sesuai daya serta jumlah watt lampu yang anda gunakan. Agar memudahkan perawatan lampu, kabel sebaiknya di gulung di belakang lampu sekitar 150 cm.

Lokasi dan posisi pemasangan lampu yang Tepat

lampu kolam renang

Cara memasang pencahayaan kolam renang ini sebaiknnya di pasang dengan jarak 30 – 75 cm dari bibir kolam renang. Ini bertujuan agar memudahkan untuk perawatan lampu kolam. Untuk menentukan posisi pemasangan tentu anda harus mengatur jarak lampu dari dinding. Jika lampu kolam berjumlah 1 sebaiknya di pasang pada posisi tengan antara dinding kolam. Namun jika berjumlah 2 sesuaikan dengan panjang dinding kolam renang.

Sesuaikan arah cahaya lampu

Ini adalah factor yang paling penting dalam memasang lampu. Pemasangan lampu kolam renang yang baik adalah kearah sisi luar dari bangunan supaya cahaya lampu tidak memberikan efek silau kepada anda sehingga estetika kolam lebih terjaga

Trafo lampu kolam renang

lampu kolam renang
trafo lampu kolam renang

Trafo kolam renang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari 220V menjadi 12V. Penggunaan trafo 12V bertujuan agar terjamin keamanan saat anda berenang. Supaya keamanan penggunan lebih terjamin sebaiknya trafo di pasang Fuse. Tujuan pengunaan fuse adalah, pada saat terjadi kerusakan pada instalasi listrik ataupun cover lampu kolam lebih aman. Pada saat air masuk dan mengalami korsleting / hubungan arus pendek, maka fuse secara otomatis memutus aliran listrik.

Penggunaan Trafo harus di sesuaikan dengan jumlah lampu yang di pasang supaya lampu benar-benar menyala terang. Trafo lampu kolam renang bisa di pasang di dalam ruang mesin atau di sesuaikan dengan tempat kolam dan yang terpenting adalah trafo kolam renang terhindar dari Air dan lembab.

Harga trafo lampu kolam renang

Pemilihan Trafo harus mengunakan trafo yang sesuai standard dan di sesuaikan dengan jumlah lampu yang di gunakan pada kolam renang. Mengunakan Trafo yang berkualitas adalah Mutlak, ini bertujuan agar lampu kolam tetap awet. Berikut Daftar harga Trafo kolam renang:

Daftar harga lampu kolam renang

Sebaiknya dalam pemilihan pencahayaan kolam renang, sebaiknya di sesuaikan dengan budget yang anda miliki. sehingga kualitas lampu kolam tidak jauh berbeda. Berikut kami lamapirkan daftar harga lampu di pasaran:


Sekian penjelasan terkait lampu kolam renang dan trafo yang di gunakan. Jika anda ingin konsutasi dengan kamki, silakan hubungi Kontraktor Kolam Renang

admin kolambali

Semua tulisan dalam blog ini di buat untuk memudahkan kita  dalam memahami seputar kolam renang. Swimming Pool Expert | Swimming Pool Consultan

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !