Pengendapan Kotoran Kolam Renang agar Bersih dan Sehat
Pengendapan Kotoran Kolam Renang Agar Bersih dan Sehat

Pengendapan Kotoran Kolam Renang agar Bersih dan Sehat

Pegendapan kotoran kolam renang merupakan salah satu proses dalam perawatan kolam renang, baik untuk kualitas air maupun ketahanan kolam itu sendiri. Dengan melakukan pengendapan, maka kotoran, alga, lumut yang ada di dalam kolam renang bisa mengendap, sehingga mudah dibersihkan.

Pengendapan Kotoran Kolam Renang Agar Bersih
Pengendapan Kotoran Kolam Renang Agar Bersih dan Sehat

Dalam perawatan kolam renang, kualitas air menjadi faktor yang paling penting. Sebab, dengan air yang jernih, bersih, dan sehat, maka bagaimanapun penampakan kolam renang akan nampak segar dan menawan. Berbeda dengan kolam renang yang didesain cantik, namun airnya berwarna kekuningan atau bahkan hijau, tentu saja hal ini akan merusak seluruh tampilan kolam renang.

Pada umumnya, proses pengendapan kolam renang akan diikuti dengan proses vakum atau penyedotan kotoran-kotoran yang telah mengendap. Dengan melakukan proses vakum ini, maka kolam renang akan bersih tanpa harus kehilangan banyak air atau mengganti seluruh air.

Penyebab Air Kolam Kotor pada Umumnya

Kebanyakan, air kolam menjadi kotor karena beberapa faktor, seperti musim hujan, banyaknya tanaman di samping kolam, hingga penambahan air kolam dengan air sumur. Muism hujan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air, khususnya pada kolam renang outdoor. Air hujan yang masuk ke kolam dapat menambah volume air sehingga jika tidak dilakukan pengontrolan kualitas chemical air, maka kolam bisa kotor dan hijau.

Tanaman yang ada di sekitar kolam juga dapat mempengaruhi air kolam. Dedaunan dan dahan yang masuk ke dalam kolam, jika tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan kolam kotor, hijau, dan bau. Sedangkan penambahan dengan air sumur juga dapat menyebabkan chemical air berubah. Hal ini dapat mengakibatkan air menguning atau berubah menjaid hijau.

Pengendapan Kotoran Kolam Renang

Pengendapan kotoran kolam renang menjadi salah satu teknik perawatan air kolam yang menjadi kotor dan berwarna hijau atau kekuningan. Proses ini dilakukan jika kondisi air kolam telah cukup parah dan harus dilakukan perawatan yang cukup berat.

Biaya pengendapan kolam renang pun akan lebih mahal dari pada perawatan kolam renang pada umumnya. Sebab, pengendapan memerlukan pengobatan dengan takaran yang lebih banyak. Pengurangan air pada saat vakum pun juga akan meningkatkan biaya operasional, di mana harus dilakukan pengisian ulang dan penyeimbangan chemical.

Dalam pengendapan kotoran kolam, terdapat 4 jenis obat yang diperlukan, yaitu:

  1. Klorin
  2. Soda as
  3. Terussi
  4. PAC

Keempat obat ini digunakan dalam proses pengendapan dan masing-masing memilki fungsi dan tujuan yang berbeda. Cara ini menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatasi kolam kotor, berkerak, berlumut, dan ditumbuhi alga.

Langkah-Langkah dalam Pengendapan Kotoran Kolam Renang

Proses pengendapan kotoran kolam renang dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pertama

Posisikan handle multivalve pada posisi sirkulasi, sehingga chemical yang masuk ke dalam kolam tidak akan melalui filter atau saringan. Kotoran dalam air kolam yang sudah sangat banyak akan mengakibatkan penumpukan dan kinerja extra jika handle multivalve diposisikan pada filter.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah pompa sirkulasi harus tetap hidup pada saat proses pengendapan kotoran dilakukan. Hal in ibertujuan agar chemical dapat tersirkulasi secara sempurna dan membersihkan kotoran dengan optimal.

Langkah Kedua

Masukkan kaporit atau klorin bubuk pada ember yang telah terisi air, kemudian aduk hingga klorin larut. Setelah larut, tuangkan air kaporit pada kolam renang. Takaran kaporit untuk tiap 100 meter kubik adalah tiga kilogram. Jika Anda menambahkan granular, maka kaporit cukup 2 kilogram saja.

Untuk melakukan proses pengendapan kotoran ini, maka sebaiknya kaporit yang digunakan berjenis bubuk, sehingga akan cepat larut.

Langkah Ketiga

Tambahkan soda as ke dalam kolam renang dengan jeda waktu 15 menit setelah penambahan klorin. Soda as berfungsi untuk meningkatkan keasaman atau pH air. Takaran soda as untuk tiap 100 meter kubik adalah 8 kilogram.

Langkah Keempat

Tambahkan terusi pada kolam renang setelah 20 menit penambahan soda as. Takaran terusi untuk 100 meter kubik adalah satu kilogram. Fungsi terusi adalah untuk membasmi alga dan lumut.

Langkah Kelima

Setelah 10 menit, tuangkan PAC pada kolam renang, agar kotoran-kotoran bisa menggumpal dan mengendap di dasar kolam.

Langkah Keenam

Langkah pengendapan kotoran kolam renang selanjutnya adalah dengan membiarkan proses chemical bekerja selama minimal 6 jam. Setelah itu diamkan kolam renang hingga kotoran mengendap. Setelah mengendap, Anda tinggal melakukan vakum untuk membuang kotoran.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !