fbpx
Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Renang Berkabut

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Renang Berkabut

Salah satu permasalahan yang sering dijumpai dalam kolam renang yaitu air kolam renang menjadi berkabut. Untuk mengatasi air kolam renang berkabut, sebenarnya mudah sekali dilakukan. Akan tetapi, apabila di dalam melakukkannya salah, pastinya air kolam renang yang seperti itu akan sulit untuk diatasi. Air kolam renang dapat berubah warna menjadi agak kehijauan, keruh serta berkabut. Dengan melihat keadaan air kolam renang yang tidak jernih pastinya berenang di kolam renang tersebut justru malah tidak terasa menyenangkan.

>>Baca : Cara mengatasi air kolam renang berwarna hijau

Penyebab Air Kolam Renang Berkabut

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Renang Berkabut
air kolam renang berwarna hijau

Air kolam renang berkabut pada umumnya disebabkan karena kadar pH yang terdapat pada air kolam renang tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar chlorine, atau justru berada lebih dari batas ideal. Guna mengatasi air kolam yang keadaannya berkabut yaitu dengan menambahkan chemical yang memiliki kadar chlorine. Misalnya saja seperti kaporit 90% atau granular serta kaporit tablet.

>>Baca artikel : Dosis kaporit kolam renang

Pemberian Chemical kaporit Untuk Air Kolam Renang Berkabut

Sebelum anda mencoba memberikan chemical kaporit 90%. Pada bagian dasar kolam renang sebaiknya di vacuum dahulu. Tujuannya supaya keadaan kolam renang tersebut benar-benar bisa bersih dari debu maupun kotoran yang mengendap pada dasar kolam renang. Kemudian juga supaya chemical tercampur dengan air kolam renang dengan menyeluruh. Sesudah selesai di vacuum, anda semua bisa menaburkan chemical kaporit 90% hingga merata secukupnya pada semua bagian kolam renang.

Pada saat anda semua menaburkan kaporit 90% pada air kolam renang sebaiknya secukupnya saja. Sebab apabila sampai berlebihan, maka kolam renang bisa berubah warna jadi kuning. Sebab, kadar chlorine yang ada dalam air bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar pH. Bisa juga andacsemua menggunakan kaporit tablet dengan banyak 2 sampai dengan 3 keping. Kemudian, anda bisa memasukkannya ke dalam air kolam renang. Sesudah di berikan kaporit 90%, hidupkan system filterisasi kiranya 8 jam atau bahkan bisa lebih. Atau anda juga dapat memakai chemical yang bernama HCL.

Silakan baca : Cara merawat air kolam renang

Jika anda ingin memakai chemical HCL caranya yaitu dengan menuangkan cairan HCL pasa air kolam renang. Akan tetapi, untuk menuangkan cairan HCL sebaiknya anda semua memakai masker dan sarung tangan supaya bisa lebih terlindungi. Sebab, cairan HCL ini cukup berbahaya untuk kulit. Selanjutnya anda bisa cek kadar chlorine serta pH pada air kolam renang guna mengetahui idealnya kadar klorin. Dengan demikian, air kolam renang juga akan senantiasa terlihat jernih. Dengan demikian akan selalu tampak indah untuk di pandang.

Baca komplit : Definisi dan kegunaan HCL untuk kolam renang

Cara Mengatasi Air Kolam Renang Berkabut

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi air kolam renang berkabut yaitu dengan cara mengecek kadar chlorine serta pH yang terdapat pada kolam renang. Untuk pengecekan bisa dilakukan dengan memakai alat yang dinamakan dengan Test Kit. Di dalam mengecek kadar chlorine serta pH dengan memakaiTest Kit ini bisa dilakukan dengan membersihkan kedua tabung Test Kit dengan air bersih terlebih dahulu.

>>>Silakan baca Juga artikel : Cara merawat kolam renang hotel

Apabila keadaannya telah bersih, maka anda semua bisa mengisikan kedua tabung itu dengan air kolam yang ada 30cm di bawah permukaan air. Tabung tersebut sebaiknya anda isi dengan garis tanda maksimal yang ada di kedua tabung tersebut. Selanjutnya anda semuanya bisa segera meneteskan oto indicator serta phenol red indicator tabung yang telah berisi air. Proses ini dilakukan harus terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung.

Anda semua juga bisa memasukkan 5 tetes oto indicator solution di dalam tabung A guna mengecek kadar Chlorine yang ada di dalam air kolam renang. Selanjutnya masukkan 5 tetes phenol red indicator solution di tabung B guna mengetahui kadar pH yang ada di air kolam renang. Selanjutnya anda bisa menutup tabung tersebut. Lalu, tabung bisa anda kocok hingga benar-benar tercampur rata serta tunggu beberapa saat lagi.

>>Baca Juga : 5 jenis chemical untuk perawatan kolam renang

Sesudah itu, anda bisa membandingkan warna air yang ada pada tabung A dengan warna standart pembanding A (CL). Chlorine ideal pada air kolam renang 1,0 sampai 1,5. Bandingkan warna air pada tabung B. Untuk PH yang ideal antara 7,2 sampai 7,6.

Jika Air Kolam renang anda masih berkabut silakan hubungi jasa perawatan kolam renang terdekat. Untuk pembuatan kolam renang silakan hubungi Kontraktor Kolam Renang

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !