fbpx
Penyebab Kolam Renang Kuning dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kolam Renang Kuning dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kolam Renang Kuning dan Cara Mengatasinya

Air kolam renang kuning menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi jika perawatan kolam renang tidak dilakukan dengan baik dan rutin. Jika air kolam berubah menjadi kuning, hal ini tentu akan merusak penampilan serta merusak kualitas dari air itu sendiri.

Penyebab Kolam Renang Kuning dan Cara Mengatasinya
kolamrenangpro.com

Karena hal ini pun, kolam renang menjadi kurang baik dan tidak sehat bila digunakan untuk berenang. Selain penampilan yang kurang elegan dan tidak baik untuk kesehatan, jika air kolam terus dibiarkan menguning tanpa dilakukan perawatan, maka kondisi kolam renang akan semakin memburuk dan sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, kolam renang dengan air yang kuning harus segera diatasi agar air kembali bersih dan jernih.

Penyebab Air Kolam Renang Kuning

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kolam renang kuning, berikut ini penyebab air kolam renang berubah menjadi kuning:

Sistem Filterisasi Bermasalah

Bisa jadi, salah satu penyebab perubahan warna air kolam renang menjadi kuning adalah sistem filterisasi air kolam yang bermaslah. Jika sistem filterasi bermasalah, maka tidak mungkin air kolam renang bisa bersih dan tetap jernih.

Sistem filterasi atau penyaringan ini memiliki peran yang sangat vital terhadap kualitas air kolam. Kebersihan, kejernihan, dan keamanan air kolam, menjadi tanggung jawab dari sistem filterasi kolam renang ini.

Di dalam sistem filterasi, terdapat beberapa komponen yang saling terhubung dan saling mempengaruhi antara satu sama lain. Komponen ini di antaranya adalah pompa, pipa instalasi, filter serta media filterasi. Dalam mengatasi penyaringan air yang bermasalah, Anda harus memastikan bahwa komponen sistem ini tidak mengalami kerusakan.

Apabila ada salah satu komponen yang bermasalah, maka perputaran dan penyaringan air kolam tidak akan bisa berjalan dengan baik. Jika kondisi sistem filterasi seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa kondisi air kolam tidak berkualitas.

Pemberian Obat yang Tidak Tepat

Pemberian obat yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan air kolam berubah menjadi kuning. Pengobatan yang tidak tepat, tentunya akan berpengaruh terhadap kadar klorin dan pH air. Jika kadar klorin dan pH tidak sesuai, maka air akan sangat mudah mengalami perubahan warna atau bahkan ditumbuhi oleh lumut dan alga.

Tidak Ada Sirkulasi Setelah Pengobatan

Dalam proses pengobatan air kolam, setelah dilakukan pengobatan, maka sebaiknya sirkulasi air dihidupkan. Hal ini bertujuan agar klorin lebih cepat larut dan mampu tercampur secara sempurna pada seluruh air kolam. Apabila sirkulasi tidak dihidupkan, maka klorin tidak bisa tercampur secara sempurna, sehingga air masih bisa mengalami perubahan warna.

Cara Mengatasi Air Kolam Renang Kuning

Setelah mengetahui beberapa penyebab perubahan air kolam renang menjadi kuning, maka kita bisa melakukan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Berikut cara mengatasi air kolam renang yang menguning:

Penambahan Obat

Jika air kolam menguning karena adanya pengobatan air yang tidak tepat, maka cara mengatasinya adalah dengan membenahi kadar obat dalam air kolam. Sebelum melakukan penambahan, Anda harus melakukan pengukuran terhadap kadar klorin dan pH air.

Setelah mengetahui kadar klorin dan pH, maka Anda bisa menggunakan soda as untuk meningkatkan kadar pH agar lebih basa. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan teknik pengendapan, sehingga air kolam akan kembali bersih dan jernih.

Membenahi Sistem Filterasi

Ketika Anda menemukan ada kesalahan atau malfungsi dalam sistem filterasi, maka cara mengatasi air kolam renang kuning adalah dengan membenahi sistem filterasi tersebut. Kotoran yang menyumbat harus dibersihkan agar tidak mengganggu sistem filterasi.

Selain itu, Anda juga harus mengganti komponen dalam sistem filterasi jika ada salah satu yang mengalami kerusakan.

Melakukan Pengobatan yang Benar dengan Pemberian Sirkulasi

Setelah melakukan pengobatan yang benar, maka Anda juga harus melakukan sirkulasi air kolam. Dengan menghidupkan sirkulasi setelah pengobatan, maka klorin akan tercampur secara merata ke dalam air kolam.

Dengan air kolam yang telah mengandung klor, maka air akan selalu terjaga kebersihan dan kejernihannya. Air kolam renang kuning pun dapat diatasi dan dicegah.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !