fbpx
Perawatan untuk Filter Kolam Renang Agar Tidak Mudah Rusak

Perawatan untuk Filter Kolam Renang Agar Tidak Mudah Rusak

Perawatan terhadap kolam renang harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, serta dilakukan secara rutin. Dengan seperti ini, maka kolam renang akan tetap terjaga, baik dari kebersihan kolam hingga kejernihan air kolam. Salah satu perawatan yang sangat berperan penting dalam menjaga kualitas kolam adalah perawatan filter kolam renang.

Perawatan untuk Filter Kolam Renang Agar Tidak Mudah Rusak
pikespool.com

Filter dalam kolam renang berfungsi untuk menyaring berbagai partikel atau kotoran yang masuk ke dalam kolam renang. Dengan ini, maka sistem filterasi pada kolam renang berperan penting dalam menjaga kejernihan air. Filterasi ini juga berperan penting dalam mencegah tumbuhnya alga atau ganggang yang akan merusak penampilan dan kualitas air kolam.

Wajib tau alat alat kolam renang beserta fungsinya

Perawatan pada filter kolam renang juga harus Anda lakukan secara rutin. Sebab, peran filter ini sebagaimana ginjal dalam tubuh yang akan menyaring darah kotor dan menghasilkan darah yang bersih. Filter juga akan menyaring kotoran-kotoran dalam air dan menghasilkan air yang bersih dan jernih. Maka dari itu, perawatan bagian ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Perawatan Filter Kolam Renang

Dengan melakukan perawatan secara baik dan benar, serta secara berkala, maka filter pada kolam akan awet dan tahan lama. Filter tidak akan mudah mengalami kerusakan yang mampu meningkatkan biaya perawatan kolam.

Pembersihan dan pemeriksaan filter mampu mengoptimalkan kinerja filter, sehingga air kolam bisa benar-benar disaring secara maksimal, dan menghasilkan air yang jernih dan bersih. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara berkala dalam perawatan filter kolam renang:

Memilih Filter yang Berkualitas

Filter untuk air kolam sangatlah bervariasi, sehingga Anda harus bisa memilih filter yang berkualitas. Sebab, pemilihan filter tentu saja akan berpengaruh terhadap hasil kinerja serta perawatannya. Memilih filter yang berkualitas bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan waktu penggunaan filter.

>>Baca juga Tips : Panduan memilih sand filter kolam renang terbaik

Terdapat tiga jenis filter yang umum digunakan pada kolam renang, yakni sand filter, catridge filter, dan diatomaceous earth filter. Masing-masing filter tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk penyaringan yang standar dan ekonomis, Anda bisa memilih sand filter. Sand filter ini sudah cukup efektif dalam menyaring air kolam. Selain itu, harga sand filter ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan dua filter lainnya.

Sedangkan, catridge filter dan deatomaceous earth memiliki sistem penyaringan yang sangat efektif. Namun demikian, harga kedua filter ini memang cukup mahal. Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan masalah ekonomi.

Menggunakan Zeolite untuk Menggantikan Peran Pasir

Apabila Anda menggunakan filter pasir atau sand filter, salah satu cara agar lebih tahan lama dan efektif menyaring air adalah dengan mengganti pasir dengan zeolite. Zeolite merupakan salah satu bahan yang sering digunakan sebagai katalis serta penyaringan atau penyerapan. Bahan ini memiliki kemampuan yang cukup efektif dalam menyaring air.

Dengan mengganti peran pasir menggunakan zeolite, kemampuan penyaringan sand filter Anda bisa meningkat hingga 90%. Hal ini akan meringankan kinerja filter, sehingga akan lebih awet dan tahan lama.

Menghindari Terlalu Sering Backwashing pada Sand Filter

Melakukan backwashing memang salah satu cara dalam membersihkan filter dari kotoran-kotoran yang menempel. Namun demikian, jika terlalu sering melakukan backwashing filter, maka justru dapat menyebabkan kerusakan.

Khususnya pada penyaringan jenis sand filter, kotoran akan tersaring bersama dengan pasir penyaring. Jika diperhatikan, kotoran yang tersaring ini juga akan mampu membantu penyaringan air, sehingga pembersihan akan lebih efektif. Oleh karena itu, lakukan backwashing dengan secukupnya saja.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam melakukan backwashing, khususnya pada jenis filter DE. Sebab, dengan melakukan bacwashing, bubuk DE juga akan ikut dikeluarkan. Padahal, bubuk DE ini merupakan senyawa yang dapat mengganggu dan merusak pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, untuk melakukan backwashing pada filter DE, sebaiknya pembuangan diarahkan pada area khusus, sehingga tidak merusak ekosistem.

Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan dalam merawat filter kolam renang Anda. Dengan ini, maka filter atau penyaring air kolam renang akan lebih tahan lama dan tidak akan mudah mengalami kerusakan. Biaya perawatan kolam renang dan perbaikan kolam renang pun dapat Anda minimalisir.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !