fbpx

Ini Dia Detail Perbedaan Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Kolam renang memiliki berbagai sistem sirkulasi. Adapun sistem sirkulasi kolam renang yang umum digunakan ialah overflow dan skimmer. Tiap jenis sistem sirkulasi kolam renang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dimana kelebihan dan kekurangan tersebut menjadi pembeda diantara keduanya. Untuk lebih mengenal apa saja perbedaan kolam renang overflow dan skimmer, anda simak saja ulasan berikut ini.

Detail Perbedaan Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Perbedaan Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Perbedaan kolam renang overflow dan skimmer perlu untuk anda ketahui supaya memudahkan anda dalam memilih nantinya. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, anda bisa lebih mudah dalam memilih sistem sirkulasi kolam renang mana yang tepat untuk anda.

Kolam Renang Overflow

Dalam mengenal perbedaan kolam renang overflow dan skimmer, anda bisa meninjau definisinya terlebih dahulu. Sistem sirkulasi kolam renang overflow adalah konsep sistem pengairan dengan melimpahkan air sehingga keluar dari badan kolam. Selanjutnya diolah dengan filtrasi menggunakan sistem penyaringan. Setelah itu, dikembalikan ke kolam dengan mesin pompa kolam renang.

Sistem yang satu ini memiliki tujuan untuk mengolah air kolam supaya tetap baik apabila dipergunakan dari sisi kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut berkembang serta memberi nilai tambah lain yang dapat diberikan oleh sirkulasi ini. Selain sehat, kualitas dari air kolam renang juga akan lebih optimal secara visualnya. Sistem kolam renang ini memiliki kelebihan tersendiri. Selain menambah estetika kolam renang, sistem ini juga mampu menjaga kebersihan di area permukaan kolam sehingga lebih maksimal.

Tak hanya itu, kelebihan overflow lainnya ialah balancing tank bisa menampung volume air saat curah hujan tinggi, perawatan lebih ringan, kendali volume air lebih baik ketika cuaca terik, sirkulasi air dan filtrasi lebih maksimal, serta penambahan chemical tak harus dilakukan di dalam kolam renang. Hanya saja, dibalik kelebihannya tersebut, overflow juga menyimpan kekurangan.

Adapun kekurangan overflow diantaranya yaitu membutuhkan area yang lebih luas untuk melewatkkan balancing tank, memerlukan waktu membersihkan balancing tank ketika perawatan kolam dan biaya pembuatan relatif lebih mahal. Tak hanya itu, instalasi plumbing juga lebih rumit. Bahkan sistem overflow ini lebih rentan mengalami kebocoran pada saluran gutter kolam dan balancing tank.

Kolam Renang Skimmer

Setelah mengetahui definisi, kelebihan dan kekurangan kolam renang overflow, anda bisa beralih ke ulasan kolam renang skimmer. Dibandingkan dengan overflow, mungkin sistem skimmer ini dinilai kurang efektif apabila digunakan pada sirkulasi kolam renang era sekarang. Akan tetapi, dari beberapa praktisi tak setuju apabila sistem ini disebut sudah digilas oleh perkembangan zaman.

Perlu untuk anda ketahui, sistem sirkulasi skimmer ini mempunyai beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh sistem recirculating lainnya. Sistem yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk sebagian masyarakat. Apabila anda merasakan keuntungan dari sistem ini, anda tentu tak ingin melepaskannya. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda menyimak apa saja kelebihan sistem skimmer ini.

Adapun keunggulan kolam renang skimmer diantaranya yaitu cocok untuk kolam renang mini. Hal ini dikarenakan kolam renang yang mempunyai ukuran kecil sangat pas apabila digabungkan dengan skimmer. Dengan permukaan airnya yang sempit, kebersihan kolam telah mampu dioptimasi secara baik. Selain itu, sistem skimmer juga mampu memaksimalkan lahan yang sempit. Terlebih lagi, sistem sirkulasi ini juga tak memerlukan gutter di samping kolam.

Kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer juga bisa memberi efek manfaat yang sangat beragam. Perlu diketahui, area balancing tank pada sistem overflow bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kepentingan lainnya pada sistem skimmer. Disamping itu, sistem sirkulasi skimmer juga memiliki pola perawatan yang ringan. Bahkan perawatan kolam renang skimmer terbukti lebih simpel daripada sistem yang lain.

Kelebihan sistem skimmer lainnya ialah bisa diterapkan sebagai kolam renang indoor (dalam ruangan). Pada intinya, teknologi akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Penemuan teknologi yang baru bisa memperbaiki teknologi sebelumnya. Hanya saja, dari tiap penciptaan teknologi akan mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dengan anda mengetahui perbedaan kolam renang overflow dan skimmer, anda bisa lebih mudah dalam memilih konsep kolam renang yang anda impikan.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !