Cara Mengatasi Ganggang Hijau Pada Kolam Renang
kolamrenangpro.com

Cara Mengatasi Ganggang Hijau Pada Kolam Renang

Memiliki kolam renang yang bersih dan sehat adalah dambaan setiap orang. Kolam renang yang sehat yaitu kolam renang yang bersih lingkungan sekitarnya dan juga bersih airnya. Selain itu, air yang ada di dalam kolam renang juga terlihat jernih dan menyegarkan jika dilihat. Air yang jernih juga tidak memiliki bau yang tidak enak. Jika kolam renang anda bersih dan sehat pastinya anda akan merasakan kenyamanan dan juga kesegaran saat berenang berlama-lama di kolam tersebut. Memiliki kolam renang yang bersih dengan air jernih saat air tersebut tertimpa cahaya matahari memang pastinya akan menyenangkan anda yang merupakan pemiliknya.

>>Baca juga : Pengendapan kotoran kolam renang

Cara Mengatasi Ganggang Hijau Pada Kolam Renang
kolamrenangpro.com

Namun, perlu anda ketahui, jika untuk menjadikan tampilan kolam renang menjadi terlihat bersih dengan air yang jernih memerlukan usaha yang cukup besar dan dilakukan secara rutin. Untuk bisa memperoleh tampilan kolam renang yang ideal seperti yang anda harapkan, anda semua harus melakukan perawatan yang rutin. Selain itu masih ditambah lagi dengan supply bahan kimia atau chemical kolam renang yang sesuai dengan kolam renang anda. Tanpa menggunakan bahan kimia untuk kolam renang tersebut, maka kolam renang anda akan cepat kotor. Selain kotor, airnya juga bisa berubah warna karena serangan ganggang hijau. Sehingga, anda perlu mencari cara mengatasi ganggang hijau kolam renang itu.

Serangan Ganggang Hijau Pada Kolam Renang

Pada umumnya, serangan ganggang hijau merupakan hal sudah sering terjadi pada kolam renang. Terlebih lagi apabila kolam tersebut tidak dirawat dengan rutin serta tidak memperoleh supply chemical yang memadai. Dalam waktu beberapa hari air kolam renang anda biasanya akan berubah warnanya menjadi kehijauan. Perlu anda ketahui, jika serangan ganggang hijau itu timbul karena adanya oleh organisme mikroskopik yang dinamakan chlorophyta.

Organisme ini mempunyai ukuran mikroskopik yang tidak dapat kita lihat dengan mata secara langsung. Namun, adanya kandungan zat hijau (chlorophyll) yang ada di organisme ini menjadikan kita mudah dalam mengetahui keberadaannya. Jika air kolam renang anda warnanya kehijauan, bisa jadi ada didalamnya ada clorophyta. Jika warnnya hijau terlihat lebih pekat berarti kandungan chlorophyta yang ada di dalamnya juga bisa semakin banyak.

>>Silakan baca artikel : Fungsi kaporit kolam renang yang perlu anda ketahui

Cara Mengatasi Ganggang Hijau Kolam Renang

Salah satu hal yang menyebabkan banyaknya ganggang hijau di kolam renang ini yaitu buruknya sanitasi serta filtrasi kolam. Dengan demikian, ganggang tidak tersaring terbuang keluar kolam secara sempurna. Semakin lama, maka ganggang tersebut menjadi kerkembang biak bahkan akan bertambah banyak. Jadi, air kolam bisa bertambah hijau. Tak hanya itu, ternyata ganggang juga dapat menyebar lewat pakaian renang yangtelah terkontaminasi, spora yang dibawa oleh angin, kotoran binatang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan untuk cara mengatasi ganggang hijau pada kolam renang anda bisa anda coba .

1. Memakai Algaecide

Cara mengatasi ganggang hijau pada kolam renang paling ampuhyang bisa anda lakukan yaitu dengan memakai algaecide atau algasida. Algasida ini merupakan pembasmi algae atau ganggang hijau. Di pasaran, anda bisa menemukan 2 jenis algasida, diantaranya yaitu metallic serta ammonia kuaterner. Dua jenis tersebut masing-masingnya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kemudian untuk penggunaannya, sesudah proses scrubbing selesai anda semua dapat menambahkan algasida. Lebih tepatnya lagi sebelum proses klorinasi tersebut dilakukan. Ini semua disebabkan pada waktu tercampur dengan klorin efek algasida bisa sedikit ternetralisir.

>>Silakan simak artikel : Cara vacum kolam renang

2.Chlorine Shock

Chlorine Shock sangat baik untuk menangkal kolam renang yang terkena serangan atau gangguan ganggang hijau. Kandungan chlorine yang tinggi ketika melakukan chlorine shock bisa membunuh ganggang yang ada di dalam air kolam renang anda. Chlorine Shock bisa dilakukan dengan cara menaikkan kadar chlorine yang ada di kolam renang dengan signifikan. Perlu anda ketahui, untuk kadar chlorine yang ideal ketika akan melakukan chlorine shock yaitu 5 ppm.

Kadar 5 ppm ini memanglah dinilai sangat ideal dalam menghilangkan ganggang hijau serta berbagai macam bakteri lain yang terdapat pada air kolam. Supaya hasilnya bisa menjadi lebih maksimal, sebaiknya di dalam melarutkan chlorine pada wadah ember anda isi air terlebih dahulu dan menyalakan filter. Dengan demikian, klorin akan bisa terdistribusi dengan merata sampai pada sistem pemipaan kolam. Cara mengatasi ganggang hijau pada kolam renang ini memang dinilai cukup efektif.

Jika anda masih saja belum bisa mengatasi ganggang hijau pada kolam renang, silakan memakai jasa perawatan kolam renang. Hubungi Kontraktor Kolam Renang terdekat

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !