fbpx

Faktor Yang Mempengaruhi Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang

Klorin atau kaporit adalah salah satu bahan kimia atau chemical yang populer dipakai sebagai media pembersih kolam renang. Bahan tersebut dinilai efektif sehingga banyak orang mengandalkan ini. Tetapi tidak sedikit pula orang yang ragu mengenai keamanan dan juga dampak buruk yang disebabkan penggunaan kaporit. Setiap bahan kimia dan unsur yang tidak seimbang saat berada di air dan tidak dirawat seperti rekomendasi tentu akan mengakibatkan efek samping yang buruk. Lantas seberapakah dosis kaporit untuk kolam renang yang tepat?

Segala hal yang terlalu kurang atau terlalu berlebih tentu akan memberikan dampak yang buruk. Oleh sebab itu, seimbang merupakan kunci yang dibutuhkan, hal ini juga berlaku bagi perawatan kolam renang. Pemberian dosis kaporit untuk kolam renang yang seimbang akan membuat kondisi kolam renang terjaga. Tetapi bila anda memberikan dosis yang kurang atau berlebihan tentu ini justru akan membuat kondisi kolam renang menjadi tidak baik.

Faktor Yang Mempengaruhi Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang
Faktor Yang Mempengaruhi Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang

Takaran Dosis Kaporit Untuk Kolam Renang

Ketika seseorang pemilik kolam renang melakukan treatment dan perawatan air kolam dengan menggunakan bahan kimia. Tentu takaran dan dosis menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan. Untuk bisa memperoleh nilai atau kadar yang sesuai dengan kebutuhan dalam hal ini kaporit untuk kolam renang. Maka anda harus menimbang serta memperhatikan beberapa faktor. Terlepas dari volume air yang ada di kolam renang, faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi efektivitas kinerja kaporit yang ditambahkan pada air kolam renang.

Suhu Air Di Kolam Renang

Secara tidak langsung, suhu air yang terdapat pada kolam renang juga akan berpengaruh terhadap dosis kaporit yang akan dibutuhkan. Bila air yang ada di dalam kolam renang hangat, tentunya anda membutuhkan lebih banyak klorin atau kaporit.

Luas dan Volume Kolam Renang

Volume air dan luas permukaan kolam renang juga akan berpengaruh terhadap takaran kaporit yang harus ditambahkan pada kolam renang. Jika kolam renang tersebut memiliki volume besar, tentu akan besar pula chemical berupa kaporit yang dibutuhkan. Seiring dengan semakin luasnya bagian permukaan kolam renang itu berarti juga akan semakin besar penguapan air karena sinar matahari. Sehingga ini akan lebih cepat menguraikan kaporit yang terdapat di dalam air kolam. Dengan demikian, bisa disimpulkan semakin besar volume air kolam serta semakin luas permukaan kolam renang membutuhkan takaran kaporit yang semakin banyak.

Pengaruh Cahaya Matahari

Kaporit akan mudah terurai karena sinar matahari ketika belum stabil, terekspos atau terpapar sinar matahari langsung. Sebenarnya sinar matahari bisa menjadi faktor utama yang akan membuat kaporit yang ada di kolam renang cepat terurai serta turun tingkatannya dalam hitungan jam saja. Itu artinya, bila kolam renang yang dimiliki menerima paparan sinar matahari langsung, maka anda membutuhkan lebih banyak kaporit ketika menambahkannya ke dalam kolam renang.

Kadar Cyanuric Acid Kolam

Tadi sudah dijelaskan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kadar kaporit yang ada di dalam kolam adalah terekspos nya dengan sinar matahari langsung. Maka faktor yang atau mengurangi penguraian kaporit yang diakibatkan oleh sinar matahari adalah buffer. Kadar cyanuric acid atau buffer ini merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai stabilizer atau penstabil. Fungsinya mengikat, sehingga chlorine tidak terurai dengan matahari.

Tentu saja kolam renang anda akan butuh senyawa ini khususnya jika anda memiliki kolam renang outdoor. Bila anda menggunakan stabilizer ini kedalam kolam renang, tentu saja kandungan klorin atau kaporit yang ada di dalam kolam renang bisa lebih stabil dan terjaga. Dengan demikian, perawatannya anda hanya cukup menambahkan sedikit klorin untuk menjaganya supaya selalu berada dalam tingkat ideal.

Ketika anda membeli bahan kimia bernama cyanuric acid ini, di pasar sudah disediakan produk yang didalamnya mengandung kaporit. Dengan demikian, anda tidak perlu membeli kaporit sendiri dan stabilizer ini sendiri. Karena bila anda melakukan perawatan dan kontrol kolam renang setiap hari, produk yang sudah di kombinasi antara stabilizer dan klorin ini adalah pilihan paling tepat. Dengan mengetahui dosis kaporit untuk kolam renang yang pas dan tepat, maka anda bisa melakukan perawatan kolam renang dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !