fbpx
Ketahui Definisi dan Kegunaan HCl Untuk Kolam Renang
livescience.com

Ketahui Definisi dan Kegunaan HCl Untuk Kolam Renang

Kolam renang bisa berfungsi sebagaimana mestinya berkat dukungan berbagai faktor, salah satunya chemical. Chemical diberikan untuk merawat kolam renang sehingga bisa tetap aman dan nyaman ketika digunakan. Adapun salah satu chemical yang biasa digunakan pada kolam renang ialah HCl. Kegunaan HCl untuk kolam renang tak bisa diremehkan. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari pemberian HCl pada kolam renang. Untuk mengenal chemical yang satu ini, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Definisi HCL

Sebelum mengulas mengenai fungsi atau kegunaan HCl pada kolam renang, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa itu HCl terlebih dahulu. HCl merupakan bahan kimia yang berasal dari struktur molekul atom. Dimana struktur tersebut terdiri dari atom Hidrogen yang dilambangkan huruf H dan klorin atom yang disimbolkan Cl. Dikarenakan reaksi kimia yang terjalin antara H dan Cl bersifat electronegatif, maka HCl akan larut di dalam air.

Pada kolam renang, HCl digunakan untuk menjaga airnya supaya tetap bersih dan jernih. Seperti yang diketahui, kolam renang yang tak terawat seringkali menjadi keruh dan kotor dikarenakan lumut, alga atau ganggang, dedaunan, dan lain sebagainya. Pemberian HCl ini menjadi salah satu bentuk perawatan kolam renang yang baik. Tak hanya berperan penting sebagai chemical kolam renang saja, HCl ini juga banyak dimanfaatkan untuk tanaman PVC. Bahkan HCl ini juga sering digunakan untuk pabrik makanan dengan bahan tertentu.

>>Baca Juga : 5 Jenis Chemical Perawatan kolam renang

Kegunaan HCl Untuk Kolam Renang

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, kegunaan HCl untuk kolam renang ialah untuk menjaga kejernihan airnya. Hal ini dikarenakan HCl mampu menurunkan pH di dalam air. Pemberian HCl ini sendiri digunakan ketika treatment atau dalam kondisi kelebihan chemical. Perlu diketahui, kolam air renang bisa tetap bersih dan terjaga kelembaban airnya apabila memiliki stabilitas (pH). Sementara pH ini dipengaruhi oleh cuaca dan chemical yang kurang seimbang.

HCl digunakan untuk menstabilkan pH sehingga airnya tak akan keruh dan bisa kembali jernih. Untuk mendapatkan manfaat dari HCl, anda perlu mengaplikasikannya secara tepat. Anda bisa mengaplikasikan HCl dengan mencampurnya bersama air kolam renang di sebuah wadah. Setelah itu, anda bisa menuangkan campuran bahan tersebut secara perlahan hingga benar-benar merata. Pastikan anda melakukannya sesuai dengan takaran. Dijamin air kolam renang anda bisa jernih dan bersih lagi.

Silakan simak >> Cara Merawat Air Kolam Renang <<

Selain cara tersebut, sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk menjernihkan air kolam renang. Caranya, anda masukkan campuran HCl dan air ke pompa. Lalu tunggu hingga beberapa saat sampai campuran tersebut telah bersirkulasi secara merata dengan air kolam renang. Cara ini juga terbukti ampuh dalam menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam renang. Maka dari itu, tak ada salahnya anda mencoba cara pemberian HCl yang satu ini.

Kegunaan HCl pada kolam renang ini bisa anda rasakan apabila menggunakannya sesuai dengan aturan atau dosis yang dianjurkan. Jika tak sesuai dengan dosis atau kebutuhan, maka HCl tersebut justru berdampak buruk terhadap kolam renang. Adapun beberapa dampak buruk yang diakibatkan dari dosis HCl yang berlebihan diantaranya yaitu merusak lapisan HCL dinding kolam renang, tak terkecuali dengan nat yang ada di porselen tepi kolam renang. Tak hanya itu, kadar HCL yang berlebih juga bisa mengakibatkan timbulnya bintik-bintik kuning di lantai kolam renang dan merusak bahan pipa yang digunakan.

>>Simak : Fungsi kaporit pada kolam renang

Chemical Kolam Renang

Selain kegunaan HCl untuk kolam renang di atas, kami juga akan bagikan beberapa chemical lain untuk perawatan kolam renang. Adapun salah satunya ialah tawas. Chemical yang satu ini dimanfaatkan untuk menjernihkan air. Bahan ini mampu membentuk flokulasi di dalam air. Dengan begitu, pengendapan partikel-partikel bisa lebih cepat terjadi. Selain itu, ada juga trussi. Chemical ini berperan penting sebagai algesite. Adanya trussi mampu mencegah pertumbuhan lumut. Tak heran jika chemical ini juga banyak digunakan untuk menjadikan air kolam renang tampak biru. Disamping itu, chemical-chemical lain yang bisa anda manfaatkan untuk merawat kolam renang diantaranya yaitu pac, soda, kaporit, chlorine granular 90%, dan masih banyak lainnya.

Nah itulah definisi dan kegunaan HCL untuk kolam renang. Untuk terhindar dari kesalahan penggunaan HCL alangkah baiknya anda menggunakan jasa perawatan kolam renang. Silakan hubungi Kontraktor Kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
× Hubungi Whatsaap Kami !