fbpx

Mengenal Kolam Renang Skimmer dan Bagaimana Perawatannya

Kolam renang skimmer merupakan salah satu jenis kolam renang yang cocok untuk di bangun guna memanfaatkan lahan sempit. Jenis kolam renang seperti ini memakai sistem sirkulasi yang bernama skimmer box. Sehingga akan lebih menghemat tempat karena tidak butuh area tambahan yang digunakan sebagai bak penampungan.

Cara perawatan kolam renang skimmer umumnya bisa juga anda aplikasikan di rumah. Merawat kolam renang penting sekali untuk dilakukan supaya kolam renang selalu bersih dan juga sehat. Di dalam perawatan kolam renang juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Semuanya harus sesuai dengan prosedur dan langkah yang tepat. Sebab pada dasarnya merawat kolam renang jenis skimmer itu sangat mudah.

kolam renang skimer

Kelebihan Kolam Renang Skimmer

Sebelum kita berlanjut ke dalam cara merawat kolam renang skimmer, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui kelebihan dan juga kelemahannya. Kolam renang jenis ini mempunyai keunggulan diantaranya tidak memerlukan balancing tank. Jadi dapat menghemat tempat.

Selain itu tidak membutuhkan vacuum port pada dinding kolam. Sebab untuk proses vacuum cleaning sendiri sudah tergabung dalam skimmer boxnya. Kolam ini cocok bagi anda yang mempunyai pribadi yang senang dengan ketenangan. Sebab kolam renang ini tidak memiliki suara tumpahan air yang umumnya menimbulkan suara yang berbunyi gemericik.

Kolam renang jenis skimmer ini tidak ada tumpahan air yang keluar dari kolam. Sehingga kolam skimmer tidak harus mempunyai permukaan atau bibir kolam yang rata dan presisi. Dalam merawat kolam skimmer simpel sekali dan mudah untuk dipelajari. Sebab hanya ada area kolam renang dan juga ruang pompa, jadi perawatannya tidak ribet.

Kelemahan Kolam Skimmer

Selain memiliki berbagai kelebihan, ternyata kolam renang jenis ini juga mempunyai beberapa kelemahan. Seperti saat kolam renang dibangun pada area outdoor, maka kotoran yang berupa debu bisa terlihat mengambang pada permukaan air. Hal ini karena sirkulasi hanya mengandalkan hisapan dari port skimmer box saja.

Disamping itu, tinggi dari level permukaan air pada kolam skimmer tidak boleh berada dibawah boxnya. Sebab saat skimmer box tidak terisi dengan air, pompa sirkulasi bisa menghisap angin dan akan menimbulkan kerusakan di bagian pompanya. Anda juga harus selalu melakukan penambahan air agar dapat menghindari kosongnya air di bagian port hisap skimmer box.

Perawatan Kolam Renang Skimmer

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk perawatan kolam renang jenis skimmer adalah dengan vacuum kotoran di dasar kolam renang. Hal-hal yang harus anda lakukan adalah mematikan mesin kolam renang terlebih dahulu. Selanjutnya posisikan handle filter ke arah filter. Turn Off pipa maindrain kemudian turn On pipa pembuangan dan juga pipa skimmer nya. Lalu anda bisa vacuum kotoran yang ada di dasar kolam renang dan menghidupkan kembali mesin yang ada di kolam renang.

Jika anda sudah selesai melakukan vakum kotoran yang ada di dasar kolam renang. Lalu matikan mesin sirkulasi yang ada di kolam renang. Posisi kan handle filter kearah mencuci filter atau backwash. Anda bisa melihat tabung glass kaca yang ada di bagian filter, maka kotoran akan keluar. Bila sudah tampak jernih, anda bisa mematikan mesin kolam renang lalu posisikan handle filter untuk membilas filter atau rinse.

Jika itu semua sudah selesai, hidupkan mesin kolam renang kembali. Anda harus memperhatikan bagian tabung glass kaca yang ada pada filter. Dari sini kotoran akan keluar dan anda bisa melihat selama 1 menit hingga air terlihat jernih.

Tahap selanjutnya adalah dengan sirkulasi normal. Mesin kolam renang dimatikan lalu posisikan handle filter ke arah filter. Kemudian anda turn on pipa maindrain, kemudian off kan juga pipa pembuangan dan off atau on pipa skimmer nya. Selanjutnya hidupkan kembali mesin kolam renang setiap 3 hari selama 3 jam bisa pada waktu pagi dan 3 jam lagi di sore hari. Hal ini dilakukan agar air yang ada di dalam kolam tetap berada dalam kondisi jernih.

Bila anda telah melakukan berbagai macam cara perawatan kolam renang skimmer yang sudah disebutkan diatas. Tentunya anda akan mendapatkan kolam renang yang bersih dengan air jernih. Dengan demikian, saat anda ingin berenang anda akan merasakan kenyamanan karena air yang ada di kolam renang anda selalu terjaga kebersihan dan kejernihan nya.

Tinggalkan komentar

× Hubungi Whatsaap Kami !